Aliansi Sumut Bersatu dan Rumah Karya Indonesia Gelar Lake Toba Festival Film 2016

  • Whatsapp
Foto: Panitia Lake Toba Festival Film 2016. (ist)

ALINASI Sumut Bersatu (ASB) bersama dengan RKI (Rumah Karya Indonesia) mengadakan acara nonton film bareng bertema budaya, pluralisme dan lingkungan sebagai rangkaian peringatan Hari Film Nasional.

Foto: Panitia Lake Toba Festival Film 2016. (ist)
Foto: Panitia Lake Toba Festival Film 2016. (ist)

Adapun film yang diputar yaitu film bertema pluralisme berjudul ‘Provokator Damai’, serta film pemenang penghargaan karya sineas film muda Sumatera Utara, Andi Hutagalung berjudul “Tanda”.

Muat Lebih

Antusiasme para undangan yang berasal dari berbagai komunitas dan organisasi dengan latar belakang yang beragam cukup tinggi ditunjukkan dengan banyaknya tanggapan dan pertanyaan yang muncul dalam sesi diskusi.

Selain nonton film bareng, acara tersebut menjadi momen untuk launching event Lake Toba Film Festival secara resmi oleh ASB (Aliansi Sumut Bersatu) dan RKI (Rumah Karya Indonesia). Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Lake Toba Film Festival oleh perwakilan RKI Ojax Manalu dan ASB Redima Gultom, dengan harapan sesi yang dilanjutkan dengan diskusi ini akan memberi bahan masukan dan pertimbangan bagi panitia untuk pelaksanaan Lake Toba Film Festival 2016.

Event Lake Toba Film Festival 2016 sendiri terdiri dari beberapa rangkaian acara menuju ke malam penganugrahan sebagai puncak kegiatan. Adapun rangkaian acara Lake Toba Film Festival dibagi menjadi beberapa kategori, Lake Toba Film Festival kategori Pelajar, kategori Umum, dan kategori Industri (lokal).

Berbeda dengan kategori umum dan industri (lokal) yang menjaring para sineas muda untuk mengirimkan karya jadi mereka berupa film bertema pluralisme, budaya, dan lingkungan ke pihak panitia, kategori pelajar mendapatkan materi film dan juga materi mengenai tema film yang diperlombakan di kategori pelajar (pluralisme) dari awal. Oleh karena itu khusus untuk kategori pelajar, rangkaian Lake Toba Film Festival akna dimulai sebelum puncak acara pada bulan November 2016, dengan melalui terlebih dahulu tahapan workshop film ke sekolah – sekolah tingkat menengah atas sederajat se Sumatera Utara dan tahapan Master Class untuk mempertajam materi produksi film.

Puncak acara Lake Toba Film Festival 2016 akan diselenggarakan 17-19 November 2016 dengan rangkaian acara berupa Festival Film Screening, Guest Film Screening, Lake Screening, Open Casting, Kaleidoskop Film Sumatera Utara, Lake Toba Film Festival Bazaar, Meet The Actor, Meet The Crew, Workshop by Professional, dan Awarding Night. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *