Alami Musibah Kapal Tenggelam, Tujuh ABK WNI ikut Upacara HUT RI di KBRI Dakar

oleh -416 views
Upacara HUT RI ke-76 di Dakar

DAKAR – KBRI Dakar bersama masyarakat Indonesia di Dakar, Senegal merayakan peringatan HUT RI ke-76 Kemerdekaan Indonesia di Wisma Duta RI Dakar melalui penyelenggaraan upacara pengibaran bendera merah putih. Meskipun perayaan dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19, namun hal ini tidak mengurangi semangat, kreatifitas dan bakti kepada Ibu Pertiwi.

“Bersama semua warga Indonesia, KBRI Dakar terus menggelorakan semangat perjuangan, memperkuat solidaritas dan memupuk kontribusi kita semua untuk Indonesia yang tangguh, Indonesia yang tumbuh,” demikian pesan-pesan utama Dubes RI Dakar, Dindin Wahyudin yang disampaikan selepas penyelenggaraan upacara peringatan HUT RI ke-76 yang bertema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, di Dakar (17/8/2021).

Peringatan diawali dengan upacara bendera yang diselenggarakan di Wisma Duta RI Dakar. Upacara yang dilakukan secara sederhana namun khidmat oleh staf KBRI Dakar ini, dihadiri secara terbatas oleh perwakilan masyarakat Indonesia di Dakar dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Upacara juga ditayangkan secara langsung melalui platform Zoom KBRI Dakar sehingga dapat diikuti secara virtual oleh seluruh WNI di Senegal dan 7 wilayah rangkapan KBRI Dakar lainnya serta para Konsul Kehormatan RI.

Pada pelaksanaan upacara kali ini, turut hadir 7 PMI ABK Indonesia yang sedang menunggu proses kepulangan ke Indonesia. Ke-7 pahlawan devisa Indonesia tersebut sebelumnya mengalami musibah dimana kapal tempat mereka bekerja tenggelam di sekitar perairan laut Senegal. Para ABK tersebut saat ini tinggal di KBRI Dakar sembari menunggu proses kepulangan yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2021.

Apresasi juga diberikan kepada seluruh WNI dari seluruh wilayah akreditasi KBRI Dakar lainnya yang mengikuiti upacara bendera secara virtual dengan penuh semangat. Dubes Dindin menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia, khususnya melalui KBRI Dakar, memiliki komitmen tinggi untuk melaksanakan perlindungan bagi WNI yang berada di luar negeri, dimanapun berada.

Dubes Dindin juga meminta agar para WNI senantiasa menjaga kesehatan, salah satunya dengan disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan.

Sebelumnya, pada hari Minggu (15/8/2021), masyarakat Indonesia di kota Dakar juga merayakan HUT RI secara terbatas dan sederhana dengan berpartisipasi pada beragam perlombaan yang diadakan di halaman wisma Duta RI Dakar.

Kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dimana setiap peserta diwajibkan memiliki sertfikat vaksinaksi Covid-19 secara lengkap, selalu mengenakan masker, menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer, dan menerapkan social distancing. (red)

The following two tabs change content below.