wisman tiongkokMenpar Arief Yahya mengatakan, sepanjang  bulan  Februari 2015, wisman Tiongkok yang datang ke Indonesia meningkat hingga 42% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Hal itu tak terlepas dari adanya promosi Kemenpar seperti peresmian jalur laut Cheng Ho di Batam, hingga pembukaan rute penerbangan ke Tiongkok dari Bali mulai membuahkan hasil.

“Ini hasilnya, nomor 1 tadi. Tiongkok ya, Tiongkok naik 42%. Kalau promosi benar, hasilnya benar,” ujar Menpar Arief Yahya kepada media di Pajajaran Room, Hotel Salak The Heritage, Bogor, Selasa (14/4/2015)

Berdasarkan data yang ditunjukkan Kemenpar, wisman Tiongkok yang datang ke Indonesia dalam skala nasional meningkat hingga 42% per bulan Februari 2015 dibandingkan periode yang sama bulan lalu. Sebagian besar wisman Tiongkok masuk melalui Bali, di mana merupakan salah satu hub utama yang memiliki penerbangan langsung ke beberapa kota di Tiongkok.

“Mereka senang dengan laut, mereka senang dengan kuliner, mereka senang dengan branded,” ujaf Arief Yahya.

Selain paham akan keinginan wisman Tiongkok, Kemenpar juga giat mempromosikan Indonesia melalui video hingga situs berbahasa Mandarin. Bali yang memiliki pantai indah hingga kuliner enak memang memiliki nilai plus untuk menggaet wisman Tiongkok ke Indonesia. “Sekarang turis ASEAN di kita 40%, ini laporan dari WTO,”  demikian Arief Yahya. (gr)

foto ilustrasi wisman tiongkok tiba di Indonesia (ist)

 

TINGGALKAN KOMENTAR