taman budaya baliSATU per satu Taman Budaya  kian terpinggirkan. Setelah Taman Budaya Sumtera Utara mirip kadang sapi,  dan Taman Budaya di provinsi lainnya tak berkembang dan mandek. Kini giliran Taman Budaya (Art Centre)  sebagai pusat pengembangan dan pelestarian seni masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Beruntung Taman Budaya Bali, meski mengalami penyusutan jumlah wisataan ke sana, namun nasibnya tidak semiris Taman Budaya yang ada di Sumatera Utara dan provinsi lainnya yang jarang diperhatikan pemerintah daerah.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Bali, jumlah kunjungan ke Taman Budaya Art Centre hingga tahun 2014 sebanyak 14.312 orang.

Ketua Perhimpunan Hotel  dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengungkapkan Taman Budaya Bali masih dihadapkan dengan berbagai masalah dan belum memaksimalkan perannya dalam perkembangan serta pelestarian seni budaya itu sendiri.

“Taman Budaya Bali sebagai pusat pengkajian, penelitian, pengembangan, serta sebagai sebuah destinasi pariwisata, dukungan sarana prasarana dan berbagai programnya masih perlu ditingkatkan,” paparnya dalam Sarasehan Optimalisasi Taman Budaya, Rabu (1/4/2015).

Dia menambahkan, jika dikaitkan dengan program pemerintah pusat dan pemerintah daerah Bali sebagai destinasi pariwisata yang menargetkan jumlah wisatawan datang ke Indonesia mencapai 20 juta hingga 2019 nanti, dapat diasumsikan pariwisata Bali akan berkembang ke arah campuran pariwisata budaya dan pariwisata buatan antara pariwisata provan dengan pariwisata komersial.

“Suka tidak suka bahwa sesungguhnya kita telah mengingkari konsep pariwisata Bali sesungguhnya yaitu pariwisata budaya,” lanjutnya.

Dia menyatakan bahwa Taman Budaya yang merupakan etalase budaya Bali betul-betul menjadi ikon pusat seni, untuk pariwisata maupun seniman itu sendiri tapi juga sebagai subyek untuk melahirkan seniman-seniman besar di Bali.

“Untuk pencapaian ini peran pemerintah daerah sangatlah penting serta menjadi pekerjaan rumah bersama dan menjadi bahan evaluasi bagi berbagai kalangan dalam mencapai visi dan misi Taman Budaya Bali,” katanya. (gr)

Teks  Ilustrasi Foto  Taman Budaya Bali (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR