Foto: Barack Obama saat kunjungi Candi Prambanan.(ist)

JAKARTA – Berliburnya tokoh dunia seperti Raja Salman dan Barack Obama tentu mempengaruh dalam meningkatkan industri pariwisata di tanah air.

Kehadiran tokoh dunia itu ke Indonesia telah menjadi pemberitaan yang hangat bagi media luar negeri. Selain berwisata, Persiden AS ke-44 dengan nama lahir Barack Hussein Obama II itu akan menjadi pembicara pada acara yang digagas Diaspora Indonesia

Tokoh dunia yang pernah menjalani sebagian masa kanak-kanaknya di Jakarta juga akan bernostalgia. “Obama to enjoy nostalgic vacation in Indonesia,” tulis laman Inquirer.

Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya menyambut baik kehadiran Ombama ke Indonesia. “Kami menyambut gembira Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama yang bakal berlibur ke Indonesia. Tiga destinasi yang akan dikunjungi adalah Bali, Jakarta dan Jogja,” katanya.

Menurut Arief, kunjungan Obama punya makna yang sangat strategis. Apalagi tokoh dunia itu selalu menjadi perhatian media.

“Barack Obama adalah endorser strategis, tokoh dunia, salah satu pemimpin Amerika yang fenomenal. Sampai akhir masa jabatannya pun masih dipuji dan dicinta publik Amerika dan dunia,” kata Arief.

Arief mengatakan, ketika tokoh dunia sekaliber Obama berlibur di Bali, Jogja-Borobudur dan Jakarta, maka hal itu menjadi pesan bagi seluruh dunia. ”Bahwa Indonesia sangat aman sebagai destinasi wisata. Dengan tiga destinasi wisata itu sangat layak dikunjungi, tempat liburan yang aman, nyaman, dan standar dunia pula,” tutur Arief.

Ia juga mengatakan, hal yang akan dilakukan Barack Obama dalam liburannya akan mirip dengan kunjungan vakansi Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz pada Maret lalu. Raja Salman yang merasa betah Bali menjadi endorser wisatawan Timur Tengah.

Sedangkan Obama, sambung Arief, akan menjadi endorser untuk mendorong travellers AS dan Eropa ke Indonesia. Selain itu, kunjungan Barack Obama ke Bali makin memperkuat brand Pulau Dewata sebagai The World’s Best Destination 2017 pilihan pelancong di laman TripAdvisor, website paling dipercaya oleh travellers dunia.

“Bali makin tak terelakkan sebagai destinasi wisata yang terbaik dunia mengalahkan London, Paris, New York City dan lainnya,” sambung Arief.

Sedangkan bagi Jogja dan wilayah Joglosemar yang punya ikon Borobudur, kunjungan Obama juga tak kalah penting. Apalagi Presiden Joko Widodo sudah menetapkan Borobudur sebagai satu dari 10 Bali Baru.

Tak cuma keluarga Obama yang datang dan berlibur di Bali. Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak juga berlibur di Bali sejak Senin (26/6/2017). Selama di sana, Najib tinggal di Hotel St. Regis, Nusa Dua. Ini merupakan hotel yang ditempati Raja Arab Saudi Salman saat berada di Bali beberapa bulan lalu.

“Selain hotel yang sama, ternyata PM Najib Tun Razak juga menempati kamar yang dipakai Raja Salman, President Suites,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Bali Anak Agung Yuniartha Putra.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pitana kepada wartawan mengatakan sedang memperisiapkan wisata napak tilas Raja Salman dan Barack Obama.

“Sedang disusun wisata nampak tilas Raja Salman dan Barack Obama. Ini akan menjadi daya tarik dunia,” katanya lepada wartawan,  Jumat (30/6/2017) pagi. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR