SURABAYA – Pameran tunggal pelukis Jupri Abdullah sukses dan berjalan lancar. Sebanyak 25 karya lukis yang bertemakan’Tokoh Bangsa’, yang dipamerkan di Orasis Art Gallery hingga 21 Januari 2018 lalu rame dikunjungi berbagai kalangan.

Pameran tunggal berisi karya-karya lukis para tokoh ini menurut Kuss Indarto, penulis dan kurator seni rupa mengatakan, jika disimak semua karya yang terpapar dalam pameran ini, nyaris semuanya ada titik keseragaman, yakni memotret tokoh tanpa ada pretensi yang kuat dengan membubuhkan narasi, atau bahkan ironi di dalamnya.

“Para tokoh yang divisualisasikan kembali, sebagian adalah tokoh-tokoh kontemporer yang dewasa ini banyak menghiasi perbincangan antarmasyarakat, atau tokoh masa lalu yang semuanya pernah bisa diabadikan dengan bantuan teknologi fotografi,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini penting karena rujukan visual yang dilakukan oleh Jupri bukan semata-mata imajinasi kosong, namun berasal dari dokumentasi faktual yang pernah ada dan relatif cukup populer serta menjadi sistem pengetahuan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan ini, gapuranews.com sempat melakukan perbincangan dengan Jupri Abdullah. Silakan simak videonya. (ja/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR