RIAU – Unik, itulah kesan pertama saat Berada di kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Pantai Solop Merupakan salah satu objek wisata pantai unik yang ada di Indonesia.

Saat libur Lebaran dua tahun terakhir, pengelola ekowisata Pantai Solop menyediakan panggung hiburan rakyat di pantai tersebut. Bahkan pada Mei 2017 telah diadakan event Jelajah Ekowisata Solop. Dalam kegiatan ini, peserta bersepeda dari Kota Tembilahan menuju lokasi melewati jalur darat dan angkutan sungai ke Pulau Cawan. Event itu diikuti 300 peserta dari Tembilahan, Rengat, Pekanbaru, Dumai, Jogja dan Semarang.

Pada 2016 lalu, jumlah pengunjung ekowisata Pantai Solop mencapai angka 30 ribu.Yang tidak kalah penting, dikawasan tersebut kini terdapat vegetasi magrove dengan puluhan spesies. Dia berharap, destinasi yang berada di pantai timur Sumatra semakin ramai dikunjungi. Apalagi, Pantai Solop berada di jalur transportasi laut yang menghubungkan Riau bagian Selatan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Kawasan ini juga mudah dijangkau dari Provinsi Jambi.

Tidak cuma satu, di Pantai Solop ada sekitar 12 jenis mangrove diantaranya jenis Perepat (Sonneratia alba), Teruntum Merah (Lumnitzera littorea), Kedabu (Sonneratia ovata), Piyai (Acrostichum aureum), Buta-buta (Excocaria agalloca), Nyirih Batu (Xylocarpus Moluccensis), Bakau (Rhizophora Apiculata), Langgadai (Bruguiera Parviflora), Ketapang (Terminalia Catappa), Teruntum Putih (Lumnnitzera Lacemosa), Nyirih (Xylocarpus Granatum), Api-api (Avicennia Alba).

Keunggulannya, kelestarian mangrove di Pulau Cawan itu masih tetap terjaga hingga saat ini. Anda pasti tidak akan menyesal jika ingin menikmati hari liburan di sini dengan suasananya yang hening dan sejuk. Mata anda juga akan dimanjakan dengan kerimbunan mangrove-mangrove yang berwarna hijau subur.

Dalam aksi nyata Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendukung pengembangan sektor pariwisata, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman pun hadir langsung ke Pantai Solop. Ia datang memboyong istrinya, Sisilita Arsyadjuliandi sekaligus jajaran kepala dinas dan badan terkait di lingkup Pemprov Riau untuk bertukar pikiran mengenai strategi jitu pengembangan Pantai Solop untuk ke depannya. (akbar/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR