Foto ilustrasi: Pementasan Sin Jie Kwie Teater Koma. (ist)

Gapuranews.com – Jakarta – Satu produksi pertunjukan teater bisa menghabiskan puluhan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan untuk pentas seperti semegah lakon ‘Sin Jie Kwie’ Teater Koma bisa mengeluarkan dana Rp 1 miliar.

Kerap dianggap mahal oleh sebagian orang, tapi simak dulu alasan-alasannya mengapa harga tiket teater lebih mahal dari bioskop, serta sejajar dengan konser musik. Tapi harga tiket teater lebih murah dari konser-konser KPop yang pernah menyambangi Ibu Kota.

Ratna Riantiarno pimpinan produksi dari Teater Koma mengatakan harga tiket disesuaikan dengan kebutuhan produksi. Dia menyebutkan ada beberapa alasan.

“Lihat kostum, hiasan, artistik setting di atas panggung, dan yang terpenting lihat proses latihannya. Teater Koma sudah latihan sejak tiga bulan sebelum hari H dan itu butuh proses, butuh biaya produksi,” ujarnya ketika mengobrol kepada tim Gapuranews.com, Jumat (28/7/2017).

Namun yang terpenting menurut Ratna bukan persoalan harga tapi melainkan lebih kepada antusias dan apresiasi masyarakat terhadap seni teater.

“Yang punya uang belum bisa semuanya mengapresiasi. Ada juga yang menganggap pulang kantor nggak keburu, akhirnya tiket di weekend sold out. Sekarang juga saingan udah banyak. YouTube sudah ada, jadi memang di situ tantangannya,” ujar Ratna. (Rayza Nirwan/gr)

 

TINGGALKAN KOMENTAR