Foto: Teater Nasional Medan dan anggota. (ist)

MEDAN – Teater Nasional (Tena) sebagai sebuah teater tertua di Medan segera akan memproduksi film dokumenter tentang perjalanan berkesenian di Sumatera Utara. Terkait itu akan bekerjasama dengan TVRI Sumut.

Demikian didampaikan Wan Hidayati sebagai anggota senior di Tena didampingi Yann Amarni Lubis, Rabu (30/5/2018). Gagasan ini muncul ketika Tena menggelar buka puasa bersama di Jalan Karya Bhakti Pancing, Medan.

Sebagai group teater yang sudah berkiprah 54 tahun, Tena sudah banyak menelurkan aktor-aktor andal seperti Wan Hidayati (kini Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut), Yan Amarni Lubis, Burhan Syarif, Buyung Bizard, Rosnani Lubis, Teddy Mihelde, Yos Hardianto dan beberapa lainnya.

Selain itu juga seabrek pementasan besar juga sudah dipentaskan oleh teater yang didirikan oleh 5 pemuda Medan ini yakni, alm Burhan Filiang (wartawan Majalah Tempo), Sori Siregar (sastrawan nasional), Alm Mazwad Azam, Alm Iskak S dan Rusli Mahadi.

Selain akan membuat film dokumenter, Tena juga akan membuat festival monolog tingkat nasional. Sedangkan Burhan Syarif akan mempersiapkan satu monolog yang rencananya akan dipentaskan November mendatang.

“Meski kami sudah berumur semua, namun semangat kami untuk berkesenian tetap kuat. Kami akan kembali berkarya, berkarya dan berkarya,” beber Wan Hidayati. (aba/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR