Foto: TBSU Gelar Seni Budaya Daerah. (ist)

MEDAN –  Taman Budaya Sumut kembali menggelar satu kegiatan bertajuk Gelar Seni Budaya Daerah dengan tajuk  Lagu-lagu Daerah Sumut Menawan, Kamis (5/9/2018) Gedung Utama Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU).

Sejumlah biduan terlihat menawan. Seiring penonton kian memadati gedung  di Jalan Perintis Kemerdekaab, Medan. Penonton juga tampak hanyut dan terpaku dibangku penonton selama pertunjukan berlangsung dan tak henti bertepuk tangan.

Sejumlah lagu lagu daerah mengalun Indah yang dilantunkan dengan  luar biasa oleh  putra putri Sumatera Utara. Mulai dari lagu Melayu, Nias, Karo, Simalungun.  Ketika para biduan menyanyikan  membawa penonton meluncur ke ruang tradisi yang  memukau dan mempeson itu.

Persembahan seni vokal bernuansa tradisi penyanyi dibesut oleh Jimmy Hutapea sebagai bermotor dari Seniman Pecinta Danau Toba (Sepeda Toba) yang dipercayakan Taman Budaya Sumut mengemas acara yang digelar sejak   pukul 16.00 WIB ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Sumut, Dr Ir Hidayati MSi diwakilkan staf TBSU, Edwin mengatakan, Program Penyanyi merupakan kegiatan rutinsetiap  tahunnya. Dan sudah terjadwal sebagai rangkaian pembinaan, pengelolaan dan pelestarian seni budaya daerah Tahun Anggaran 2018 ini.

Lagu lagu daerah merupakan wujud  bntuk seni yang kompleks. Karena lagu-lagu daerah tidak hanya melibatkan satu beroperasi, namun komponennya melibatkan berbagai profesi  dan  karya seni,” ujar Hidayati.

Lanjut Hidayati Lagi, lagu-lagu daerah merupakan satu penyajian fenomena bunyi yang disajikan hati bentuk lagu yang berkualitas untuk review dapat  didengar  dan dinikmati oleh manusia karena lagu atau musik memiliki beroperasi hati dan pikiran.

Oleh karenanya, kami Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata UPT Taman Budaya Sumut berkomitmen, bertekat untuk review melakukan Pembinaan, melestarikan dan  mempromosikan budaya-budaya daerah yang ada di Sumatera Utara melalui even-even,”  katanya. (aba/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR