Gundukan tanah di tengah kebunnya ternyata menyimpan situs (ist)

PULUHAN tahun benda purbakala menjadi misteri di kebun warga di Desa Duduhan RT 4 RW 5, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ternyata, kini diketahui kawasan itu menyimpan berbagai potensi benda purbakala. Setelah dieksvakasi, ditemukan ada bangunan serupa candi.

Gundukan tanah di tengah kebunnya ternyata menyimpan situs (ist)
Gundukan tanah di tengah kebunnya ternyata menyimpan situs (ist)

Pemilik kebun, Sutopo (63), tidak menduga kalau gundukan tanah di tengah kebunnya ternyata menyimpan situs yang usianya lebih dari 1.000 tahun.

Lahan kebun dengan berbagai tanaman itu memang milik keluarga Sutopo turun temurun. Gundukan di tengah kebun juga sudah lama ada di sana. Bahkan dulunya di atas gundukan terdapat arca Ganesha yang dicuri. Memang ada batu menyerupai batu bata yang terlihat di luar gundukan, namun Sutopo mengira itu memang bata untuk bangunan yang tidak terpakai dan dikumpulkan di sana.

“Setahu saya itu tumpukan tanah ada tumpukan bata ada arcanya dulu. Orang sini tidak ada yang tahu (kalau ada situs kuno). Kok ternyata malah situ (arkeolog) tahu dan pusatnya di situ,” kata Sutopo saat ditemui detikcom di rumahnya yang tidak jauh dari kebun, Rabu (21/10/2015)

Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (PPAN) melakukan ekskavasi pada akhir September 2015 dan menemukan bangunan serupa candi yaitu 9,3 m x 9,3 meter. Sejumlah batu sampel dibawa untuk diteliti agar diketahui usia situs tersebut. Meski demikian situs yang ditemukan berbentuk susunan bata berundak itu dibangun pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Sementara itu sisi gundukan tanah yang sempat digali tim arkeolog memperlihatkan batu yang ditumpuk membentuk undakan di candi. Saat ini lubang galian tersebut kembali diurug tanah untuk menjaga agar tidak rusak hingga ada tindakan lebih lanjut. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR