Foto ilustrasi: Tari Barong. (Ist)

SEBANYAK 2.023 orang penari barong dari anggota pegiat kesenian jaranan yang tergabung dalam Paguyuban Seni Jaranan (PASJAR) Kediri beserta perwakilan Duta Wisata dari 24 Kota/Kabuputen se- Indonesia numplek di area SLG Kediri, Jawa Timur Sabtu (6/8/2015) sore.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kediri dan PASJAR.

Foto: Tari Barong. (Ist) Preview Status: Draft Edit Edit  Visibility: Public Edit Edit  Publish immediately Edit Edit Move to Trash   Toggle Categories All Categories Most Used  Uncategorized  Budaya  Film & Dokumenter  Gapura Channel  Headlines  jaringan hijau  Jualan  Kesenian & Tradisi  Musik  Seni Rupa  Tari  Teater  Melancong  Kuliner  Pondokan  Tempat Piknik  Travel  News  Purbakala  Sastra  Video + Add New Category Toggle Tags Add Separate tags with commas X newsX barongX kediri Choose from the most used tags Toggle Featured Image Click the image to edit or update Remove featured image Toggle Excerpt Toggle Send Trackbacks Toggle Custom Fields Toggle Discussion Toggle Slug Slug Toggle Author Toggle NextScripts: Social Networks Auto Poster - Post  Insert from URL Insert Media Upload FilesMedia Library Filter Filter Search  ATTACHMENT DETAILS parade-1000
Foto: Tari Barong. (Ist)

Sekitar pukul 14.00 WIB panggelaran dimulai sebagai puncak dari rangkaian Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri, yang diselanggarakan pemerintah daerah dan bertempat di area kawasan Simpang Lima Gumul (SLG).

Puluhan ribu penonton berjubel untuk menyaksikannya. Penonton begitu antusias menyaksikan tarian 1000 Barong Nusantara yang merupakan kesenian budaya tradisional asli Kediri ini.

Sebelum dimulai pertunjukan tari kolosal 1000 Barong Nusantara, para penonton dihibur dengan suguhan fashion show pameran kain batik asli Kabupaten Kediri.

Ditampilkan juga kesenian tarian budaya daerah, yang diantaranya tari perang dari Bontang Kaltim, dan suguhan tarian dari duta Kesenian Kabupaten Lamongan.

Pemkab Kediri sengaja mengundang duta kesenian dari luar daerah dengan maksud untuk pengenalan seni budaya yang ada di Kediri kepada masyarakat luas.

“Sengaja kami mengundang tarian dari daerah lain, untuk mengenalkan kesenian budaya dan   kesenian. Dan nguri-nguri budaya tetap kita lestarikan,”terang Drs H. Masykuri.

Wakil Bupati Kediri ini mengatakan, tari seribu barongan yang di gelar dari tahun ke tahun ini semakin meningkat. Hal itu terbukti dari tahun sebelumnya berjumlah 1000 kini menjadi 2.023penari barong.

“Tari barongan ini adalah kesenian khas dari Kabupaten Kediri. Harapan kami tari kesenian tradisional ini kedepan semakin dikenal dan dicintai warga kediri khususnya,” harapnya.

Persiapan Tari kolosal 1000 Barong ini, butuh waktu yang cukup lama untuk memadukan antara pemain satu dengan yang lainnya. Pasalnya, peserta yang mengikut pentas ini tidak hanya dari Kabupaten Kediri saja. ”Tamu undangan dari daerah lain juga banyak yang tertarik lantas ikut berpartisipasi menari untuk tari barongan ” papar Ketua PASAJAR Kabupaten Kediri Bopo Hary Pratondo.

Lebih Lanjut Bopo Hary Pratondo menambahkan, Barongan berasal dari kata barong atau yang biasa disebut dengan caplokan. Barongan adalah sebagian dari kesenian jaranan, yaitu kesenian dari bumi panji KEDIRI.

Tari klosal 1.000 barong ini menggambarkan nafsu duniawi manusia yang akan selalu dalam kondisi baik dan positif apabila bisa dikendalikan dengan benar.

Selain dihadiri Wakil Bupati Kediri, Drs. H. Masykuri, MM, mewakili Bupati Kediri, nampak juga Kapolres Kediri AKBP Ahmad Yusep, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Firman Priyadi, Wakapolres Kediri Kota, Kompol Andik Gunawan, Wakil Walikota Bontang dan seluruh pejabat Pemerintah Kabupaten Kediri, serta tamu undangan duta kesenian dari 24 Kabupaten/ Kota se Indonesia.

Tak ketinggalan juga perwakilan Kota DKI Jakarta, Bontang Kalimantan Timur, Semarang, Wonosobo, Nganjuk, Kediri, Trenggalek, Malang, Blitar, Tulungagung, Boyolali, Salatiga, Surabaya, Ponorogo, dan masih banyak lainnya. (gm/gr).

TINGGALKAN KOMENTAR