Foto Ilustrasi (ist)

PEMERINTAH Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta didukung warga menggelar acara Suran di Gunung Panggung di wilayah Padukuhan Klepu, Selasa siang (13/10/2015). Kegiatan ini untuk menyambut datangnya Bulan Suro.

Tokoh seniman setempat, Pri Pamungkas, mengatakan acara Suran akan menampilkan berbagai kesenian meliputi karya sendra tari, Reog Kala Sutra, joget Roro Mletho, jathilan, serta seni lukis.

“Acaranya sengaja buat ringkas tetapi bisa menampilkan banyak seni. Dananya secara swadaya dari warga dan stimulan pemerintah desa,” kata Pamungkas yang juga sebagai Panitia acara.

Kegiatan ini mengambil tema ‘Tambaromo Maneges’, panitia menginginkan agar momen pentas budaya kali ini mampu mengangkat pamor Desa Tambakromo, menyuguhkan hiburan, sekaligus sebagai upaya pengenalan seni tradisi kepada generasi muda.

“Dengan kata lain, Tambakromo Maneges itu berarti mempertanyakan guna menemukan jati diri. Dengan demikian para pemimpin sekarang harapannya bisa lebih peduli terhadap pelestarian kebudayaan lokal,” paparnya.

Dikatakannya, acara pentas berbagai kesenian bakal dilaksanakan mulai siang sekitar pukul 13.00 WIB dan berakhir hingga petang hari, sembari menikmati sunset dari atas embung Gunung Panggung.

“Kalau acara ritualnya berupa prosesi sesaji panjang ilang dibawa penari ke Goa Dalang. Itu sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan dan para leluhur,” tutupnya. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR