Foto. Komodo di NTT. (ist)

KUPANG – Gubernur Nusa Tenggara Timur ( NTT) Viktor Laiskodat tetap berencana menutup Taman Nasional Komodo (TNK) di Kabupaten Manggarai Barat. Menurut Gubernur NTT, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk rencana tersebut, karena pengelolaan Taman Nasional Komodo adalah kewenangan pemerintah pusat.

“Tapi pandangan ibu Menteri Lingkungan Hidup, secara pribadi beliau sangat setuju karena kita ingin agar ada revitalisasi Pulau Komodo,” tegas Viktor Laiskodat kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (22/1/2019).

Viktor menyebut, revitalisasi menjadi alasan utama dirinya menutup Taman Nasional Komodo.

“Pulau Komodo ini kita revitalisasi sehingga menjadi taman yang indah, kemudian rantai makan seperti kerbau dan rusa itu selalu tersedia dan banyak,” ucapnya.

Sebelumnya, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp 100 miliar untuk membenahi Taman Nasional (TN) Komodo, di Kabupaten Manggarai Barat. Penyampaian itu disampaikan Viktor, saat tampil sebagai pembicara dalam kegiatan diskusi tentang ekonomi di Graha Pena Timor Express, Rabu (16/1/2019) pagi.

Menurut Viktor, dana itu disiapkan jika pengelolaan Taman Nasional Komodo diserahkan Pemerintah Pusat ke Pemerintah Provinsi NTT. Viktor bahkan secara tegas, akan menutup kawasan Taman Nasional Komodo dan akan mendesainnya menjadi lebih baik. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here