JAKARTA – Ratusan penari, praktisi tari dan masyarakat pecinta tari Se-Nusanatara akan tumpek di Anjungan Sumut, TMII, Jakarta Timur pada ‘Festival Tari Serampang XII ke-3 Se-Nusantara’ tahun 2017 yang akan digelar pada Sabtu-Minggu, 9-10 September 2017).

Foto: Tari Serampang XII (ist)

Peserta yang menyatakan siap hadir yakni, dari Kab. Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Kab. Lingga (Kepri), Siak (Riau), dan beberapa Sanggar Jakarta luar Jakarta.

“Kontingen dari Sabah, Kuala Lumpur, Pontianak, dan Yogjakarta, juga sudah konfirmasi akan ikut serta,” kata Kepala Anjungan Sumut TMII, Tatan Daniel, Minggu (27/8/2017).

Selain itu kata Tatan, keluarga Presiden RI pertama Ir. Sukarno sudah menyatakan diri akan hadir. DM. Sukmawati Sukarnoputri sudah menyatakan siap hadir dan menyampaikan orasi Kebudayaan.

“Kami sangat berharap, Ibu Sukmawati dapat hadir ditengah-tengah para penari yang datang dari berbagai daerah itu, untuk menguatkan semangat kebangsaan dan menguatkan motivasi untuk merawat Tari Serampang XII yang pada zaman Bung Karno, pernah di gelar di istana Negara dan Istana Bogor, serta dicanangkan sebagai Tari Nasional. Selain itu, ditampilkan di kota-kota Eropa, Moskow, dan Beijing,” papar Kepala Anjungan Sumut yang juga dikenal sebagai seorang penyair ini.

Tatan mengatatakan, acara pada Sabtu (9/9/2017) adalah prosesi pembukaan, dan babak penyisihan, dimulai dari pukul 09.00 pagi sampai 21.00. Pada hari kedua, sepanjang siang babak final.

Malam harinya, akan  dilanjutkan dengan pemilihan Raja dan Ratu Serampang Duabelas, penyerahan hadiah, dan konser Ronggeng Melayu, dengan mengundang beberapa tokoh masyarakat Melayu, dan para penari Serampang Duabelas senior, yang dulu pernah menari di Istana, seperti Ibu Dian Anggraeni, ibu Nani Wijaya, dkk. (Rayza Nirwan/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR