Foto: Kemenpar saat memaparkan Wonderful Indonesia. (reyza)

Gapuranews.com – Jakarta, Dalam rangka mensukseskan target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019. Kementerian Pariwisata (Kemenpar), bekerjasama dengan brand-brand besar lokal yang sudah go internasional mempromosikan Wonderful Indonesia (WI). Berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Kamis (10/8/2017).

Nampaknya Kementerian Pariwisata tidak pernah kehabisan ide untuk kembali berinovasi, demi mendongkrak kedatangan para wisatawan mancanegara ke Indonesia. Salah satunya melalui kegiatan Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, inisiatif co-branding partnership ini diluncurkan untuk memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI yang terlihat dari brand equity WI kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand) selama 2,5 tahun terakhir.

Brand WI kini kian melejit di tengah menurunnya kinerja brand-brand pesaing regional. Pada 2013, brand WI praktis tidak dikenal di dunia karena berada di posisi 70 dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan oleh World Economic Forum (WEF).

“Pada tahun 2015 peringkat kita naik pesat di posisi 50 dari total 141 negara, dan tahun ini naik 8 peringkat ke posisi 42 dunia. Menariknya, kinerja pariwisata Indonesia naik 8 level, disaat Malaysia turun 2 peringkat di posisi 26, Singapura juga turun 2 peringkat dan thailand hanya naik 1 peringkat di papan 34. Tak hanya itu, kini brand WI sudah menjadi global brand karena exposure kita di mancanegara sudah cukup massif seperti armada bis di ajang Piala Eropa 2016 dan billboard di Times Square New York,” kata Arief Yahya. (Rayza Nirwan/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR