Foto: Cover Kumpulan Puisi 'Amaniata' karya Porman Wilson Manalu. (ist)

MEDAN – Sajak-sajak Porman Wilson Manalu yang terkumpul dalam ‘AMANIATA’ akan diluncurkan besok (30/8/2017) di Taman Budaya Medan Jl. Perintis Kemerdekaan 33 Medan pukul 20.00 WIB.

Kegiatan yang masuk dalam rangkaian peringatan Hari Puisi Indonesia 2017 ini diselenggarakan Teater Generasi Medan. Selain peluncuran buku puisi kegiatan HPI di Medan ini juga menyuguhkan pentas musikalisasi puisi dan pembacaan puisi para penyair Medan dan Riau.

Porman Wilson Manalu Lahir di Medan, 23 Juli 1966 berdarah Batak anak keempat dari lima bersaudara. Beberapa puisinya telah diterbitkan dalam antologi bersama, “BUMI” dan “TENGOK” (Arsas Medan, tahun 2003). Serta “Airmata Rohingya” yang diterbitkan Aliansi Penulis Waspada (2017), “Nyanyian Puisi Untuk Ane Matahari” diterbitkan Imaji Indonesia (2017), PUISI MENOLAK KORUPSI: Membedah Korupsi Kepala Daerah! 200 Penyair Indonesia (Elmatera Yogyakarta, 2017), kumpulan puisi tunggalnya AMANIATA (2017) diterbitkan Elmatera Yogyakarta.

Tahun ini juga ia diundang membaca puisi oleh Ziarah Karyawan Nusantara pada acara Mengenang Usman Awang (Sastrawan Negara Malaysia) di Sungai Besar Selangor Malaysia. Selain berpuisi juga berteater, bersama Teater Que menyutradarai karyanya sendiri “OBSESI BAH” dan “DIALOG KURSI” telah dipentaskan ke beberapa propinsi di Indonesia.

Dengan Kampusi Promo menyutradarai lakon komedi Mentang-mentang dari New York karya Marcelino Acana Jr saduran Noorca Marendra (Medan, 2005), dan menyutradarai lakon Maling Menuntut Keadilan karya Vredi Km (Medan, 2006).

Pada 2009 dianugerahi Tokoh Teater Sumatera Utara oleh UKM Teater O Universitas Sumatera Utara. Ia juga seorang wartawan. Pernah menjadi Pemimpin Redaksi Harian Radar Nauli, Pemimpin Redaksi Harian Sumut Pos dan Pemimpin Redaksi Harian MX, Pemimpin Umum Harian Posmetro Medan. Mantan Ketua AJI Medan dan Wakil Ketua SPS Sumut. (Rayza Nirwan/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR