[dropcap color=”#888″ type=”square”]K[/dropcap]ementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir bersepakat Festival Danau Toba (FDT) kembali digelar pada tanggal 17- 21 September 2014, Pembukaan Acara Festival Danau Toba akan dilaksanakan di TB Silalahi Center. Kali ini Kabupaten Toba Samosir menjadi tuan rumah event yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara. Seluruh pemangku kepentingan mendukung FDT 2014 yang harus berjalan dengan sukses, karena event ini merupakan event tahunan yang telah menjadi agenda nasional.

Penyelenggaraan Festival danau Toba 2014 meliputi kegiatan pameran dan atraksi pentas budaya ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang efektif dan tepat sasaran serta mempromosikan citra Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata di Sumatera Utara serta dampak positif bagi pengembangan kawasan Danau Toba untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatera Utara.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sapta Nirwandar, mengharapkan even Festival Danau Toba 2014 yang telah dilaksanakan sejak tahun 1970-an dahulu dikenal dengan Pesta Danau Toba dapat kembali mempersatukan seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara untuk berkontribusi memeratakan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Kami mendukung pelestarian alam dan upaya melestarikan kreativitas budaya masyarakat kawasan danau toba serta pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki menjadi bernilai ekonomi atau meningkatkan PDB per kapita masyarakat di sebelas kabupaten/kota melalui event Festival Danau Toba” ungkap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pada Festival Danau Toba setiap hari akan digelar event budaya dan event olahraga serta atraksi lainnya yang diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Dengan digelarnya event ini diharapkan Tobasa semakin dikenal dengan potensi pariwisata yang dimilikinya, yang mengandalkan keindahan Danau Toba sebagai daya tarik utamanya serta keunikan budaya yang dimiliki.

Pemerintah pusat mengharapkan agar Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat berperan aktif dalam mensukseskan FDT di Tobasa ini karena melalui kegiatan pariwisata tersebut akan terjadi pergerakan sektor ekonomi di Tobasa sehingga dapat meningktakan pendapatan perekonomian masyarakat di sekitarnya

Kabupaten Toba Samosir sebagai tuan rumah tentunya sudah mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah dengan baik, serta melibatkan Kabupaten se-kawasan Danau Toba dan sekitarnya untuk berperan aktif pada kegiatan yang dilaksanakan pada FDT 2014, mengingat sejak 2013 mencanangkan visi bahwa di tahun 2017

“Menjadi Festival Internasional bercitra kuat dan diakui dunia, melalui pelestarian alam dan kreativitas budaya Kawasan Danau Toba, yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Selama berlangsungnya event Festival Danau Toba, akan dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain, Lomba Solu Bolon Dragon (dragon boat), Lake Toba’s World Drum Festival, Lomba Renang Internasional dan Renang Rakyat, Pertunjukkan Budaya, Lomba Menyanyi dan Panduan Suara, Lomba Arung Jeram, Fashion Show, Seminar Pariwisata dan Pameran Pariwisata dan Industri Kreatif.

Gelaran event Festival Danau Toba 2014 yang sudah terencana dengan baik diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, khususnya bagi masyarakat di perantauan untuk kembali ke kampung halamannya sehingga dapat mengenali, mengalami dan menghargai potensi alam dan budaya adi luhung yang dimilikinya sebagai kebanggaan peninggalan warisan leluhur. (gardo)

TINGGALKAN KOMENTAR