Kelompok tari dari ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) yang dulunya STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) akan berangkat ke Amerika Rabu besok (1/10/14) . Mereka akan beraksi di depan warga Amerika di tiga kota.

Salah satu kota yang akan didatangi oleh 23 anggota tari asal ISBI adalah Washington DC. Di sana, mereka akan membawakan berbagai kesenian asli Jawa Barat. Di antaranya adalah tari dan karawitan.

“Di sana (Amerika) kami akan memperkenalkan budaya dari Jawa Barat khususnya seni tari dan karawitan,” ujar rektor ISBI Een Herdiani kepada wartawan saat ditemui di ISBI, Jalan Buahbatu, Kota Bandung, Selasa (30/9/14).

Ada dua jenis tari yang dibawakan kelompok tari dari ISBI di Amerika, yakni tari klasik dan tari rakyat. Tari klasik dan tari rakyat di antaranya adalah tari cikeruhan, tari rahwana togog, tari srikandi mustikaweni, topeng klana Cirebon, jaipongan-rawayan, doger kontrak dan bajidoran.

“Ada pula karawitan atau musik yang akan kami suguhkan yaitu tembang Sunda Cianjuran, pop Sunda, komposisi musik bambu, kliningan, dan rampak kendang,” papar dia.

Dipilihnya Amerika sebagai negara kunjungan kali ini, karena kerja sama antara ISBI dan pihak Amerika sudah terjalin sejak lama. Dari tahun 2012, pembicaraan sudah bergulir.

“Kita sudah menjalin kerjasama dengan peneliti amerika yang sering datang ke ISBI. Mereka tahu detail tentang kesenian kita dan sering memberikan workshop di sini. Dari situ kami mencoba berbincang dengan mereka dari 2014. Nah, deal nya baru 2014 ini,” tutup Een. (inilah/ib/gr)

Foto: Ilustrasi (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR