MENTERI Pariwisata Arief Yahya mrasa yakin, kalau target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2015 sebanyak 12 juta orang akan tercapai, kendati hingga pertengahan tahun baru terealisasi 4,6 juta orang.

Menurtunya, meski realisasi Januari-Juni masih belum mencapai setengah dari target yang dicanangkan tahun ini, tetapi secara triwulan sudah sesuai rencana.

wisatawan di pulau komodo

“Target triwulan I 2,2 juta, triwulan II 2,3 juta. Sampai Juni 4,6 juta mendekati 4,7 orang, berarti sekarang sudah over target,” ujarnya ditemui di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Selasa (4/8/2015).

Dia menjelaskan sangat memahami kebijakan Kementerian Pariwisata seperti bebas visa tidak akan berbuah di triwulan I dan II/2015. Menurutnya, kebijakannya akan membuahkan hasil pada triwulan III dan IV/2015 dikarenakan efektivitas program bebas visa pada 6 bulan setelah diberlakukan.

“Efektif 6 bulan setelah implementasi dan diharapkan nanti akhir tahun dari triwulan IV sudah naik 1 juta pada Oktober, November dan Desember. Ketika itulah kami harapkan angkanya mencapai target,” tuturnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada ‎Juni, sebanyak 815.148 orang atau turun 4,27% dibandingkan dengan bulan sama tahun lalu 851.475 orang. Namun, dibandingkan bulan sebelumnya mengalami kenaikan 2,73%.

Pintu masuk kedatangan wisman terbanyak adalah Bandara Ngurah Rai sebanyak 357.712 orang,‎ atau meningkat 8,51% dibandingkan dengan bulan sama tahun lalu.

Sementara kurun waktu Januari-Juni, jumlah wisman mencapai 4,66 juta orang atau naik 2,34% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu 4,55 juta orang.

‎Adapun jumlah wisman yang ditargetkan pemerintah pusat pada tahun ini menjadi 12 juta orang dari rencana semula 10 juta wisman. Salah satu upaya yang ditempuh untuk memenuhi target itu dengan memberikan kemudahan bebas visa bagi wisman dari 45 negara. (gr)

Foto ilustrasi wisatawan (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR