Foto: Pantai di Gili Trawangan. (gardo)

Gapuranews.com – Mataram, Kabupaten Lombok Utara (KLU) tidak hanya terkenal dengan kawasan tiga gilinya, namun juga terkenal sebagai pintu masuk pendakian Rinjani. Bukan itu saja, terdapat air terjun yang saat ini sudah banyak diketahui oleh wisatawan.

Hal ini yang membuat Pemda KLU meningkatkan capaian target retribusi dari destinasi wisata pada tahun ini. “Tahun 2016 capaian retribusi sebanyak Rp. 500 juta, tahun ini bertambah menjadi Rp. 1 miliar,” ujar Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara, Bratayasa.

Ia mengatakan bahwa peningkatkan target retribusi itu bukan tanpa sebab. Saat ini terdapat banyak destinasi yang diunggulkan oleh Pemkab KLU. Tidak saja kawasan tiga gili, namun destinasi baru seperti desa wisata, desa adat, desa kuliner semua tengah dikembangkan. Berdasarkan promosi yang telah dilakukan, Pemkab berharap jumlah kunjungan semakin meningkat. Sehingga retribusi yang didapatkan mampu mencapai target yang telah ditentukan.

Pemda KLU sangat berharap agar para pengelola di setia destinasi wisata dapat bekerja dengan maksimal. Sehingga tidak hanya terget retribusi yang tercapai, namun harapan membuat wisatawan merasa nyaman juga dapat terlaksana dengan baik dan dapat memajukan pariwisata ini  agar bisa membantu memajukan sektor ekonomi lokal. Sebab retribusi yang didapatkan akan digunakan untuk memperbaiki dan melengkapi sejumlah fasilitas destinasi wisata.

Selain kawasan tiga gili, saat ini Dispar KLU juga tengah mengembangkan desa wisata, eko wisata, wisata olahraga, wisata kuliner dan water sport di beberapa destinasi. Ini menjadi hal baru yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Terutama wisatawan yang pernah berkunjung ke KLU dan ingin menjelajahi destinasi baru di kawasan itu. (Rayza Nirwan/gr)

 

TINGGALKAN KOMENTAR