Ilustrasi foto Tempat Wisata di Magelang - Ketep Pass (ist)

KEPALA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Prasetyo Aribowo mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan paket wisata untuk mensinergikan kawasan antar daerah. Paket itu untuk melihat dengan seksama potensi yang ada di daerah.

Ilustrasi foto Tempat Wisata di Magelang - Ketep Pass (ist)
Ilustrasi foto Tempat Wisata di Magelang – Ketep Pass (ist)

“Kami sudah petakan mana kabupaten yang punya potensi. Kita buat paket wisata. Misalnya di Banyumas raya buat paket wisata alam, antara Purbalingga dan Banyumas,” kata Prasetyo, Senin (2/11/2015).

Dia mengatakan, bahwa paket wisata akan membuat daerah tidak bekerja sendiri dalam melakukan promosi wisata. Paket wisata bisa diangkat bersama, serta biaya periklanan menjadi lebih murah.

“Prinsipnya nanti kita lihat mana yang bisa diangkat bersama-sama. Kalau diangkat sendiri-sendiri itu mahal,” katanya.

Nantinya paket wisata itu bisa menarik atau tidak tergantung pemaketan wisatanya. Prasetyo mencoba untuk melakukan paket antara 2-3 hari itu untuk paket daerah bersama.

Hanya saja, pemaketan wisata perlu waktu, dan tidak bisa asal-asalan. Pihaknya saat ini tengah mengkaji antara harga, kualitas atraksi, serta jarak ke lokasi wisata.

“Kami serukan, ayo kabupaten dan kota, buat paket. Kalau punya wisata bagus, tapi tidak dikembangkan daya tariknya, orang hanya datang dan pergi saja nanti,” katanya.

Pemprov Jateng pada 2016 ini juga berusaha mengarahkan anggaran infrastruktur untuk kepentingan pariwisata.

Gubernur Jateng sudah memerintahkan agar jalan menuju obyek wisata dibangun dengan baik. “Soal aksesibilitas, gubernur Jateng membantu mengatasi persoalan dengan bantuan infrastruktur,” beberanya. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR