Foto: Panggong Aceh ke-2 (ist)

JAKARTA – ‘Panggong Aceh ke-2’ tahun 2018 akan digelar di Gedung Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat mulai Jumat (11/5/2018).

Kegiatan akan menampilkan hikayat berbahasa Aceh oleh muda Bali dari kabupaten Abdiya. kemudian tanggal 12 Mei akan menampilkan pembacaan puisi dan musikalisasi puisi karya penyair Din Saja dari kota Banda Aceh.

“Karya ini berjudul kepada yang terhormat. Merupalan puisi-puisi yang ditulisnya sepanjang tahun 1992 sampai 2012,” kata Direktur Artistik ‘Panggong Aceh ke-2’, Agus Nur Amal , Kamis (26/4/2018).

Selain itu, ditampilkan juga surat-surat politik kepada Irwandi yusuf, Muzakkir Manaf, Malek Mahmud, Ootto Syamsuddin Ishak, Kaausar, Gusdur dan lain-lain. Akan dibacakan oleh penyair Fikar w Esa, Yos rizal Manua dan sahabat penyair lainnya dari ibukota.

Sementara di bulan Oktober 2018 akan tampil grup musik Rapai Tuhan dari Lamrwung, Aceh Besar dengan menampilkan musik cerita mengenai pahlawan Teuku Nyak Arif.

Bulan November 2018 akan tampil grup komedi Ampon yang dan grup musik. Perkusi Rapai Pasee dari Kampung Hagubuah, Aaceh Utara.

‘Panggong Aceh’ ini digelar di ibu kota untuk memperkenalkan pada publik Jakarta dan sekitarnya tentan seni yang bermutu dari seniman di Tanah Aceh.

“Juga untuk membenahi jejaringan seni dan para sponsor. Disamping itu karena di Aceh sendiri seni-seni serius kurang mendapatkan tempat karena tiadanya gedung pertunjukan yang memadai,” tegas Agus PMTOH.

Sampai saat ini, lanjut Agus, ‘Panggong Aceh’ masih dikerjakan secara swadaya. Untuk itulah sangat dibutuhkan bantuan pemerintah daerah dan pusat di bidang pendanaan.

Pada Panggong Aceh’ pertama tahun 2017 lalu tampil dengan tema ‘Angin Musim Barat’. Untuk tahun ini dengan tema ‘Angin Musim Rimur,” katanya.

“Acara ini sebagai for silaturahmi bagi warga ibu kota untuk saling mengenal seniman Aceh yang akan dimulai pukul 20 bulan Mei ini,” beber Agus. (a2k/gr)

Informasi:
Agus PMTOH/Agam Ilyas
081586111603/085219138033

TINGGALKAN KOMENTAR