pandang Island-1

INDONESIA  kaya dengan pesona alamnya. Konyolah bangsa ini jika tidak mencintai ngerinya, dengan memilih melancong ke negri orang. Ribuan pulau yang dimiliki negeri ini, punya keunikan dan cerita tersendiri. Salah satunya, Padang Island yang terletak gugusan  di Selat Malaka, di sebelah utara Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Untuk sampai ke Pandang Island, harus menghabiskan waktu sekitar lebih 3 jam dari kota medan. Meski tidak begitu jauh dari ibukota provisi Sumatera Utara itu, namun tidak banyak informasi mengenai pulau Pandang. Pulau eksotis nan cantik ini bak permata mentah yang belum diasah. Keindahannya akan terus tersembunyi selama dinas pariwisata pemkab Batubara tidak berusaha mengasah potensi wisata pulau ini.

pandang Island-3

Bung, Sumatera Utaranya tidak hanya Danau Toba, Brastagi, atau daratan tinggi lainnya! Tapi pantainya juga menawarkan komelekan yang alami, bak gadis-gadis Melayu yang ramah dan berlari-lari di tepi pantai.

Menelusuri keindahan Pandang Island, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI DPD TK I SUMUT), pada 8-10 Maret 2014, bersama go Adventure yang di pimpin oleh Mr .Anton yang berjumpah 28 orang, membuat sebuah trip yang sedikit berbeda dengan perjalan HPI sebelumnya.

pandang Island-4

HPI mengunjungi Pandang Island mungkin kami salah satu organisasi dan beberapa pelaku pariwisata yang beruntung dapat mengunjungi salah satu kekayaan negri bahari yang memiliki ribuan pulau. Kami bangga, HPI atas perjalanan kami selama ini, sebab belum seorang pun orang Indonesiapun yang berkesempatan untuk mengunjungi seluruh kepulauan yang ada di negri ini.

Perjalanan dimulai dari tempat bersejarah, peninggalan Sultan Deli, yakni Istana Maimoon, Medan. Rombongan bergerak, sekitar pukul 6.30 WIB. Setelah meluncur 100 Km, tiba diperistirahatan Restoran 100 Km, sekitar pukul 9.20 WIB rombongan pun rehat sejenak. Sembari makan cemilan atau minum yang hangat atau dingin barang sejenak.

pandang Island-2

Sekitar pukul 11.40 WIB kenderaan Travello, Elf dan Kijang Innova yang membawa rombongan pun sampai di Tanjung Tiram. Sejurus kemudian kenderaan merapat ke sebuah gudang yang juga sebagai dermaga kecil. Disana boat besar telah siap untuk menyeberangkan rombongan menuju ke Pulau Pandang.

“Dermaga ini kebetulan berada disebuah pasar yang cukup ramai. Di sebelahnya terdapat POM pengisian BBM dan solar milik Pertamina untuk boat dan kapal nelayan yang hilir mudik,” kata H. Amsyal Tanjung bercerita.

pandang Island-5

H. Amsyal Tanjung mengatakan, menjelang siang rombongan pun harus berpindah ke kapal yang lebih besar karena air laut pasang. “Agar perjalanan anda nyaman. Maka perlu membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Bagi yang ingin bermalam di Pandang Island, sebaiknya membawa bekal yang cukup. Sebab, jualan rokok saja tak ada disana,” paparnya.
Sekitar 2,5 jam perjalanan rombongan pun tiba di Pulau Pandang. Ketika rombongan tiba, di bibir pantai yang indah itu, turis lokal sudah terlihat ramai. Aktifitasnya bermacam-macam, mulai dari mancing sampai pasang tenda di sana.

pandang Island-6

Usai rehat siang, mulai rombongan melakukan petualangan masing-masing di pulau yang penuh pesona dengan lautnya nan biru, serta sinar matahari yang penuh di balik nyiur yang melambai. Amboi indahnya.

“Saya lebih tertarik berjalan mengelilingi pulau Pandang. Ingin mentahui r seberapa besar pulau Padang ini. Separuh pulau ini memiliki pantai berpasir yang bisa digunakan untuk berenang dan snorkling. Tapi, separuhnya terdiri dari babatuan besa dan kecil yang menimbulkan pertanyaan, kekuatan seperti apakah yang membawa batu ini ketempat indah seperti ini?” kata H. Amsyal Tanjung berdecak.

Di sela-sela bebatuan yang indah itu, nun di lauta sana, para nelayan tradisional pun mengadu keberuntungannya dengan menangkap ikan.

Bagi yang ingin melancong ke Pandang Island, Widy Holidays siap melayani anda. (gardo)

pandang Island
H. Amsyal Tanjung

 

Foto-foto: Koleksi H, Amsyal Tanjung

 
WIDY HOLIDAYS
Jln Asrama By Pass No 185 C Helevtia – Medan
Telpon 061.8460923 HP 081370272558
widyholidasy@gmail.com

TINGGALKAN KOMENTAR