“ORKESTRA GONDANG BATAK” pun digelar untuk merayakan Hari Musik Nasional, hari ini, Minggu, (9/3/2014). Acara dimulai dari pukul 10.00 – 15.00 WIB. Berlangsungnya acara ini berkat bekerjasama dengan PAPPRI dan TMII, Anjungan Sumatera Utara TMII. Dalam acara tersebut secara khusus menampilkan Orkestra Gondang Batak pimpinan Togarma Naibaho. Berbagai alat musik tradisi Batak Toba dimainkan, seperti sarune bolon, sarune etek, taganing, odap, gordang, hasapi, hesek, sulim, garant.

musik batak-tmii-2
“Ini kegiatan pertunjukan khusus yang tidak biasa. Seraya memperingati Hari Musik Nasional kita, bisa melihat musik budaya bangsa ini yang begitu besar dan agung,” kata Ketua Anjungan Sumut TMII, Tatan Daniel, Minggu (9/3/2014).
musik batak-tmii
Kelompok musik ini akan memainkan lagu-lagu Batak klasik seperti Poltak Bulani, Sijao Anggina, Siose Padan, dan Sulaman Barat, diperkaya dengan lagu Melayu, Selayang Pandang, dan lagu rakyat dari Jawa Tengah, Rek Ayo Rek.
musik batak-tmii-3
“Ini salah satu kegiatan Anjungan Sumatera Utara di TMII. Kami tidak hanya memberkan kesempatan budaya Sumatera Utara saja untuk tampil disini, tapi juga semua kesenian dan kebudayan lainnya yang ada di nusantara ini,” Tatan Daniel.

Dalam kegiatan itu, menjadi lebih menarik, penampilan orkestra dipimpin oleh seorang dirigen: Lopez Sitanggang, seorang musisi dan penyanyi Batak yang telah melanglang buana, berkesenian ke Amerika, Eropa, Australia, Jepang dan Korea. (gardo)

TINGGALKAN KOMENTAR