wisata gunung kidul
Salah satu tempat wisata di gunung kidul

OBJEK wisata Gunung Kidul memiliki potensi yang menjanjikan.  Pada tahun 2015 ini Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta  akan fokus menggencarkan promosi pariwisata Kabupaten Gunung Kidul.

Hal itu  dikatakan Kepala Divisi Promosi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Hero Darmawan di Yogyakarta, Selasa (14/4/2015). Ia  mengatakan Gunung Kidul menyimpan potensi wisata alam cukup besar, namun belum lama tergarap.

“Wisata alam Gunung Kidul khususnya yang didukung potensi ‘karst’-nya sesungguhnya bisa dikatakan melebihi kabupaten lainnya,” katanya.

Kabupaten Gunung Kidul, menurut Hero, bukan hanya menyimpan keindahan alam pantai namun juga keindahan kawasan pegunungan Sewu berupa pegunungan karst, yang di dalamnya terdapat goa dan sungai bawah tanah.

Hero mencontohkan, beberapa obyek wisata Gunung Kidul yang dapat menjadi andalan dalam setiap promosi antara lain seperti Pantai Nglanggeran, Pantai Baron, Pantai Nglambor, Goa Pindul, Goa Gunung Gambar. “Ada juga wisata budaya yang dimiliki seperti Tari Ireng,” katanya.

Menurut dia, hingga saat ini upaya promosi pariwisata Gunung Kidul itu telah dilakukan Dinas Pariwisata di berbagai pameran di tingkat nasional seperti di Jakarta serta kota besar lainnya, hingga dalam ajang internasional.

Selain promosi pariwisata, lanjut Hero, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul bersama Dispar DIY saat ini masih merencanakan pembenahan infrastruktur sehingga diharapkan dapat mengundang investor untuk berinvestasi di wilayah berpotensi didatangi wisatawan.

Kehadiran investor diharapkan mendorong pembangunan perhotelan di daerah itu, sebab untuk mengunjungi obyek wisata, wisatawan juga mempertimbangkan ketersediaan perhotelan. “Kami di tingkat provinsi juga berupaya membantu dalam bidang anggaran pembiayaannya,” katanya.

Dinas pariwisata DIY menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DIY pada 2015 dapat meningkat 10 persen dibanding 2014 atau mencapai 2,25 juta orang.

Jumlah wisatawan mancanegara ke DIY selama 2014 mencapai 254.213 orang atau meningkat 7,77 persen dibanding 2013 yang ada di angka 235.893 orang. Sementara untuk wisatawan nusantara tercatat 3.091.967 orang atau mengalami kenaikan dibanding tahun 2013 yang mencapai 2.602.074 orang.  (gr)

Foto Ilustrasi Wisata Gunung Kidul (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR