[dropcap color=”#888″ type=”square”]M[/dropcap]useum Keris bakal menerima ratusan keris hibah dari sejumlah kolektor keris. Sampai saat ini sudah ada tiga kolektor yang akan menghibahkan kerisnya, mulai dari Mantan Bupati Wonogiri Begug Purnomosidi, kolektor keris Susilo, dan juga Suwitadi yakni rektor Universitas Kristen Surakarta (UKS). Selain itu, untuk memperbanyak koleksi keris Pemkot akan mengajukan permohonan hibah ke sejumlah kolektor keris yang ada.

Nantinya, status keris-keris yang dihibahkan akan langsung masuk dalam neraca aset Pemkot. Hibah akan dilakukan secepatnya dan tidak perlu menunggu pembangunan museum selesai.

“Kalau saat ini sudah ada dari pak Begug sebanyak 50 keris, kemudian pak Susilo jumlahnya belum pasti tapi sekitar seratusan, pak Suwitadi juga akan menyumbangkan,” terang Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, Jumat (5/9/2014).

Sementara itu, untuk proses pembangunannya Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo memastikan tahun ini untuk tahap kedua akan selesai dilaksanakan. Sehingga, di 2015 museum sudah bisa dibuka dan dioperasionalkan.

“Nanti juga akan diacarakan dan para penghibah akan menerima piagam hibah dari Pemkot,” tambahnya.(surakarta.go.id)

Foto: Ilustrasi

TINGGALKAN KOMENTAR