Foto: Cover Antologi Puisi 'Kupinjam Resahmu' (ist)

ANTOLOGI puisi ‘Kupinjam Resahmu’ adalah kumpulan puisi yang menunjukkan capaian estetika yang berbeda rasa. Meski demikian, pada umumnya semua puisi yang dihadirkan bertujuan untuk mengantarkan makna dan tujuan yang dihidangkan di hadapan pembaca. Makna dari setiap puisi tentu saja identik dengan kisah sosial yang mendera negeri ini di mata penyair memiliki wajah yang berbeda-beda.

Antologi puisi ini tidak selalu memburatkan kesenangan, sejahtera, dan hidup bermegah ria di tanah persada ini. Akan tetapi fenomena ini mewujud abjad dan harakat yang mengarah pada ujung tombak kesenjangan yang dialami oleh masayarakat jelata.

Sebagian besar karya dalam buku ini, ditulis dengan gaya beragam, tidak melakukan eksperimen kebahasaan yang berlebihan sebagaimana puisi – puisi lain secara umum. Makna yang disampaikan dapat dieja dan dipahami tanpa harus mengerutkan kening. Puisi-puisi yang ditulis tampak begitu komunikatif dan menggunakan bahasa yang bernuansa dan tertata.

Muklis Puna (ist)

Memang pada sebagian puisi agak sulit ditembus dengan mengulik sekejap tatapan. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan penyair dalam bergumul dengan imaji-imaji yang abstrak. Walaupun demikian penyair tetap berjalan pada tataran kebahasaan yang sesuai dengan konsep lisensi puitika. Karena sebagai sistem lambang, bahasa harus diperlakukan sesuai aturan yang tidak menyelingkuhi hukum kebakuan bahasa.

Ditilik dari judulnya, penyair berpusar di kedalaman dirinya dan berpikir di luar kotak. Maksudnya, tidak banyak yang mengetengahkan persoalan di luar judul yang berkaitan dengan gejolak batin yang bersifat universal.

Ini dimungkinkan karena penyair selalu menanggapi persoalan-persoalan yang jauh dari dirinya, lingkungan dan persoalan yang melilit negeri ini. Akan tetapi penyair tidak sedang meradang menerjang, melainkan sedang membangun ruang katarsis bagi pikiran dan jiwanya dalam memaknai hidup dan kehidupan

Meski di atas sudah diuraikan bahwa antologi puisi ini didominasi oleh puisi-puisi yang bertema sosial, tidaklah disangkalkan keberadaan puisi-puisi personal dan puisi bertema religi dan budaya dari pengalamn bathian yang dialami penyair.

Masih banyak yang perlu dibicarakan ihwal antologi puisi ini melalui pendekatan-pendekatan tertentu untuk membongkar makna yang tesembunyi di balik bait-bait puisi ‘Kupinjam Resahmu’ Semoga antologi puisi ini dapat dikaji dari berbagai sudut pandang yang berkaitan dengan perkembangan sastra masa kini,sehingga menambah khasanah sastra tanah air. (***/gr)

KATEGORI BUKU: Antologi Puisi
JUDUL BUKU: Kupinjam Resahmu
PENULIS: Muklis Puna
EDITOR: Kantjana Manik
PENYUNTING DAN PENATA LETAK: Tim CV Jejak
DESAIN SAMPUL: Freepik
PENERBIT: CV Jejak (Jejak Publisher), anggota IKAPI
JUMLAH HALAMAN: 131 halaman
DIMENSI: 14 cm x 20 cm
ISBN: 978-602-474-644-5
E-ISBN: 978-602-474-645-2

CARA PEMESANAN
Whatsapp atau SMS ke 081774845134

atau pesan melalui message FB atau IG @JejakPublisher (https://www.facebook.com/JejakOfficial) dengan format pemesanan:

Judul Buku/Jumlah Buku/Nama Pemesan/Alamat Lengkap/No HP

Contoh: Kupinjam Resahmu/2/Budi Hartono/Jln Jenderal Sudirman No 4, Sukabumi 43355/081234567

Setelah mendapat balasan konfirmasi, silahkan transfer harga buku + ongkos kirim sesuai alamat yang telah dituju ke rekening. Lalu kirimkan bukti tanda transfernya melalui balasan pesan/whatsappnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here