Usai sarapan kami bersama keluarga dari Medan,  meluncur ke Pusat Konservasi Orang hutan ( Pongo abelii ) di TNGL Kawasan Ekosistem Gunung Lauser yang berada di kawasan Sumut dan Aceh, yang luas nya 2.6 juta hektar, tepat nya di Bukit Lawang. Perjalanan piknik kami pada 9 Februari 2014 itu,  bertujuan  unyuk  melakukan Studi bersama Laeder Guide Widy Holidays ( Mr. Wong ). Selepas makan siang,  tepi sungai Bahorok jam 13.00 WIB,  kami pun dengan peralatan lengkap bersama Guide berangkat merayap ke dalam Hutan Lindung yang sejuk dan indah itu.  Di rimba inilah  di tempatkan Reabilitasi Orang Utan dan Obserfasi Orang Utan,  sejak pertama sekali di Tahun 1973 lalu.

bukit lawang-04bukit lawang-05

Jalan menuju ke Pusat Obserfasi ini ada dua jalan, satu dari Jembatan Gantung Hotel Rindu Alam yang satu lagi jalan menuju lokasi Rehabilitasi Orang Hutan ( Obserfasi ) melalui ujung sungai Bahorok ,  sungai tempat pemendian  dan rekreasi dengan menyeberang rakit hingga bisa sampai ke tempat Rehabilitasi Orang Utan. Jalan  untuk  melalui penyeberangan rakit ini adalah jalan yang paling populer karena banyak di lalaui  masyarakat ataupun turis. Di jalan ini tak ada aral rintangan yang beresiko. Sehingga kami pun   cepat sampai di tempat Rehab Orang hutan. Meski begitu untuk sampai ditempat tujuan dari start keberangkatan lebih kurang 2 jam.

bukit lawang-01

Hampir semua Pelanggan Widy Holidays baik Lokal atau pun manca negara kalau Treking ke hutan ini memilih jalan melalui Hotel Rindu Alam, karena hutan yang akan dilalui selama perjalan 2 jam ke tempat Obserfasi itu adalah Hutan yang masih perawan. Tidak hanya, tapi juga ganas, Nah,  disinilah letak ke asyikan.  Sebab,  Orang hutan yang ada disini berbeda dengan Orang Utan yang di Pusat Rehabilitasi.  Orang Utan yang ada di Lokasi Rehabilitasi umumnya Orang Utan yang sudah jinak. Sedang yang  jalan melalui Hotel Rindu Alam kita akan langsung menemui jalan hutan  rimba, lebat lebat dan tersentuh matahari.  Orang Utan berkeliaran yang sebagian sudah mulai liar. Disini  pula  letak ke asyikan tersebut.

bukit lawang-02

Pada itu, merupakan  hari yang sangat bahagia. Kurasakan bersama WIDY HOLIDAYS,  sebab jarang jarang ketemu Orang Utan jantan berkeliaran di hutan ini. Betapa tidak, jumlah Orang Utan yang jantan  dari keseluruhan Orang Hutan yang ada di Bukit lawang, diperkiran hanya 10 % saja ketimbang yang Betina. Tapi nasib lagi baik,  kami berjumpa dengan Orang Utan jantan liar denhan  berat badan sekitar 400 Kg dan  tinggi sekitar 2 meter. Begitu kami bertemu,  langsung Giude kami menyarankan menghentikan langkah sampai Orang Utan tersebut berlalu dari hadapan kami. Tapi  apa yang terjadi,  bukanya  Orang Unya  itu yang lari, seebaliknya Orang Utan mulai mendatangi kami.  Turun dari pohon, lewat ranting-rating dan  bergayut,  yang ketinggihannya mencapai 70 meter. Beruntung, guide menyarankan mundur secara perlahan  sambil berlari dengan ucapan, “Alhamdulillah…”

Untuk peminat Treking ini WIDY HOLIDAYS telah menyiapkan Paket Orang Hutan silakan menghubungi di bawah ini :

WIDY HOLIDAYS

PT.WIDY CAHAYA CEMERLANG

www.widyholidays.com

Tiket, Hotel, Tour, Umroh dan Haju Plus, Rental Mobil & Bus Pariwisata, Pasport dan Dekomen Perjalanan, Family Gathering.

Jln Asrama By Pass No 185 C Helvetia Medan

Telpon/Fax 61.8460923 HP 081370272558

Marketing : info@widyholidays

Tiket : widyholidays@gmail.com

Info : h.amsyal@gmail.com

TINGGALKAN KOMENTAR