majelis seniman medan
D.Rifai Harahap, Bersihar Lubis dan Yose Rizal Firdaus (ist)

Berliku jalan mencari pengurus Dewan Kesenian Medan (DKM).  Cukup lama jabatan Ketua DKM kosong. Banyak seniman Medan optimis, namun banyak juga yang tidak optimis  dalam waktu dekat susun pengurus DKM bisa terbentuk.

“Diharapkan pada bulan Mei sudah bisa Musyawarah Seniman Medan (MSM), untuk mendapatkan Ketua DKM,” kata tokoh teater Medan,  D. Rifai Harahap, rabu malam (1/4/2015).

Untuk bisa bermusyawarah, maka pada  Selasa (31/3/2015), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Medan melayangkan suarat undangan kepada delapan seniman Medan yang dinilai senior bidangnya untuk membentuk Majelis Kesenian Medan.

Kedelapan tokoh itu  yakni, Jose Rizal Firdaus, Zaidan  BS, Bersiar Lubis, Jaya Arjuna, Arie F Batubara, D. Rifai Harahap, Coking Susilo Sakeh  dan Marwan Yusuf merembuk untuk merumuskan draft perencanaan kegiatan DKM jika kelak terpilih.

“Perencanaan ini tergantung APBD kota Medan. Itu pun APBD nya untuk yang akan datang,” papar pendiri Teater Imago Medan ini.

Meski telah bekerja, namun MSM belum bisa bekerja secara maksimal. Sebab, MSM belum dikukuhkan oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si. “Ya. Kami sekarang sedang menunggu pengukuhkan saja dari  pemerinta kota Medan,” katanya.

Tokoh teater Medan yang biografinya sudah filmkan ini mengharapkan, pemerintah kota Medan jangan hanya modal bicara banyak, tapi realisasinya tidak ada sama sekali. “Kita berharap pemerintah kota Medan jangan hanya cakap-cakap saja. Tapi, harus bisa mewujudkannya scara nyata,” ucapnya.

Nanti setelah dikukuhkan oleh Walikota Medan,  lanjut D. Rifai Harahap, MSM dapat melaksanakan tugasnya. Menunggu turunnya SK Keputusan Walikota, Majelis Kesenian Medan telah menetapka Coking Susilo Sakeh sebagai Ketua MSM, yang nantinya akan menyelenggarakan Musawarah Seniman Medan untuk membentuk Dewan Kesenian Medan.

“Komite-komite, seperti kelompok tari, teater,  seni rupa, sastra dan lainnya bisa berembuk untuk mengusulkan nama calon Ketua DKM. Kami berharap, Musyawarah Seniman Medan bisa berjalan lancar,” tutup  D. Rifai Harahap.  (gr)

Teks Foto: Susana Majelis Kesenian Medan meremuskan draft Musyawarah Seniman Medan (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR