Foto: Lomba dayung perahu di sungai Bengawan Jero. (ist)

LAMONGAN – Banyak cara untuk memperingati ulang tahun Kemerdekaan RI. Salah satunya yakni dengan menggelar Lomba dayung perahu di sungai Bengawan Jero.

Acara digelar oleh Karang Taruna Kharisma Abadi Desa Waruk, Kecamatan Karangbinangun, Lamongan. Menariknya, para peserta meliputi ibu ibu harus mengenakan helm dalam perlombaan.

“Hari ini 4 agustus karang taruna desa waruk mengadakan lomba dayung perahu dibengawan jero. Lomba ini dalam memperingati hari Kemerdekaan RI yang ke-72 Tahun.” kata Rafiq Ketua Karang Taruna Kharisma Abadi, Jumat (4/8/2017).

Dalam Lomba, tampak 8 peserta ibu ibu saling berlomba lomba mendayung perahu hingga garis finis untuk berebut hadiah utama berupa 1 ekor kambing dan uang tunai sebesar Rp 1 juta. Untuk juara dua memperoleh hadiah 1 kambing dan uang tunai Rp 500 ribu.

“Hadiahnya beragam, mulai kambing dan uang tunai. Antusias warga dalam memperingati 17 agustus cukup besar, sehingga terselenggara lomba berjalan dengan lancar dan ramai.” ucapnya.

Tampak ribuan warga sepanjang sungai bengawan jero begitu semerak memberikan dukungan terhadap para peserta mereka. Dari 8 peserta, mereka mewakili RT nya masing masing.

Tradisi Lomba dayung perahu selama ini sudah menjadi agenda warga Desa Waruk, sejak tahun 2011 lalu. Rencananya tradisi tersebut, akan teus digelar dalam memperingati 17 agustus. (Fer/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR