Presiden RI Joko Widodo berbusana adat (ist)

JAKARTA – Lembaga Kajian kebudayaan Indonesia (LKKI) apresiasi dengan busana daerah yang dikenakan Presiden RI Ir. Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang digelar di Istana Negara, Kamis (17/8/2017).

“Salut kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Menteri Kabinet Kerja serta undangan lainya menggunakan busana daerah. Hal ini membuktikan Kebhinekaan bangsa sebagai begitu beragam,” kata Ketua LKKI Rizal Siregar, saat dihubungi, Jumat (18/8/2017).

LKKI berharap, menggunakan busana daerah dikuti hendaknya di daerah-daerah. Dengan demikian, gerenasi muda agar tidak hanya menyimpan pakaian adat di lemari dan menjadi sebuah barang yang tidak berharga.

Ini juga menjadi ajang memperkenalkan keragaman baju adat di indonesia, oleh karena itu LKKI berharap kepada pemerintah juga akan membangun museum pakaian adat dari Sabangabang sampai Merauke.

“Pakaian adat  nusantara kita begitu kaya. Baik motif dan disainnya. Ini adalah sebuah warisan nenek moyang  yang sangat berharga dan tak ternilai oleh uang. Maka jangan tinggalkan budaya karena budaya itu adalah sebuah warisan,” beber Siregar.  (Rayza Nirwan)

TINGGALKAN KOMENTAR