Ilustrai foto Tari Jaipongan (ist)

PENARI Jaipong asal Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan unjuk kebolehannya di Seoul, Korea Selatan, pada pertengahan Oktober 2015 mendatang. Lima penari Jaipong itu akan membuktikan bahwa budaya tradisional Sunda dapat dinikmati di manca negara seperti Korea.

Ilustrai foto Tari Jaipongan (ist)
Ilustrai foto tari Jaipong  (ist)

Tokoh Seniman Sunda Karawang Abah Suwanda, Kamis (15/10/2015), mengatakan, selain menghibur masyarakat Korea Selatan dan para tenaga kerja Indonesia di Seoul, pementasan tari jaipong itu juga bertujuan untuk mengangkat seni dan budaya tradisional Sunda di dunia internasional.

“Sudah waktunya seni dan budaya tradisional Sunda khas Karawang dikenalkan ke dunia internasional. Jadi ini merupakan kegiatan positif bagi para seniman Sunda,” katanya, di Karawang, Kamis (15/10/2015).

Abah berharap pementasan lima penari jaipong di Korea Selatan berbuah positif. Sehingga tari jaipong bisa semakin terkenal di dunia internasional.

Terkait itu, Dedi Gumelar alias Miing mengatakan, pementasan tari jaipong di Korea itu bukan kerja sama antara pemerintah dengan pemerintah. Tetapi digelar atas kerja sama pihaknya dengan pihak swasta di Korea.

“Mohon doanya saja, lima penari jaipong asal Karawang akan berangkat pada Jumat (16/10/2015) ke Korea Selatan. Mereka yang berangkat sudah menjalani seleksi ketat,” katanya.

Ia mengaku tidak mengeluarkan uang terkait keberangkatan lima penari jaipong asal Karawang ke Korea. Sebab, seluruh biaya keberangkatan para penari jaipong itu dijamin lembaga swasta Korea. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR