Foto: Poster Anyer Krakatau Culture Festival. (ist)

Gapuranews.com – Jakarta, Anyer Krakatau Culture Festifal (AKCF) 18-20 Agustus 2017. Acara yang diselenggarakan untuk melestarikan budaya adat Banten, bertempat di dua lokasi yakni di Kecamatan Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Foto ilustrasi: Adu Lempar Pentaque. (ist)

Acara yang akan digelar untuk menunjukan bahwa di Kabupaten Serang punya destinasi wisata tingkat nasional. Ini mengingatkan kita akan lagu Antara Anyer dan Jakarta yang pernah booming oleh Sheila Majid, penyanyi asal Malaysia. AKCF akan menjadi sarana pelestarian seni dan budaya khas Kabupaten Serang. Apalagi agendanya mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Banten, Sales Pesona Banten, ASITA, PHRI, ASIPA Kabupaten Serang, dan pegiat pariwisata dari dalam dan luar Banten.

Sementara itu, ketua pelaksana AKCF 2017, Agus Erwana mengungkapkan ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan kegiatan AKCF yang baru pertama digelar itu. Goalnya, dapat mendatangkan wisatawan mancanegara dengan berbagai jurus untuk pemikatnya.

Di AKCF nanti, ada Pentaque Competition yang siap digelar. Ini merupakan olahraga lempar bola besi yang berasal dari Perancis, yang dimainkan di atas lapangan berdimensi lebar empat meter dan panjang 15 meter. Di Indonesia sendiri, Pentaque pertama kali di pertandingkan pada ajang SEA Games 2011 di Palembang, dan masuk dalam kategori olahraga konsentrasi. Saat ini sudah ada lima negara yang akan turut berpartisipasi dalam Pentaque ini yaitu Perancis, Portugal, Thailand, Malaysia, dan tuan rumah Indonesia.

Selain Pentaque, AKCF 2017 juga mengadakan pagelaran budaya semacam atraksi debus hingga gerak silat Kaserangan. Pada lomba gerak silat Kaserangan sendiri, melibatkan sekitar 1600 pesilat dari Banten dan ditargetkan akan meraih rekor MURI. Lalu masih ada Anyer Colour Fun Run 8K, lomba mancing Selat Sunda, pamerang batik Anyer, festival kuliner khas Serang, bakar ikan sepanjang pantai Anyer, demo masak Chef Juna, water safety competition, lomba foto destinasi pariwisata dan kebudayaan, sampai teatrikal perjuangan kemerdekaan.

Lomba memancing Selat Sunda meyediakan hadiah paling besar dengan total mencapai Rp 90 juta. Acara ini digelar di Hotel Marina Anyer, Kecamatan Cinangka pada hari Minggu, 20 Agustus 2017 dengan tiga kategori perorangan, perahu nelayan dan perahu katir. Kegiatan ini juga akan dimeriahkan Armada Band dan artis ibu kota lainnya. Ada juga kegiatan kerja bakti berupa beach clean up dan penanaman pohon tepatnya di pantai Florida, Kecamatan Cinangka.

“Kami targetkan delapan ribu wisatawan yang hadir pada festival tersebut. Semoga AKCF 2017 dapat berkontribusi pada target pemerintah dalam hal kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia,” ujar Agus Erwana. (Rayza Nirwan/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR