wisata-lereng-merapi-1
Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) akan kembangkan wisata alam edukasi kawasan Gunung Merapi. Rencana tersebut akan direalisasikan tahun ini agar pengunjung wisata lebih nyaman berwisata ke kawasan Gunung Merapi.

Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan TNGM, Asep Nia Kurnia mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan kawasan wisata dengan memberikan plang nama setiap jenis pohon yang berada di kawasan Tlogo Putri. Selain itu pihaknya juga akan melibatiak para warga sekitar untuk menjadi pemandu wisata kawasan Tlogo Putri, demikian tulis jogjaportal.com.

“Rencana pengembangan akan dilakukan tahun ini. Kita ingin ada kesadaran dari masyarakat untuk mendapatkan info wisata yang edukatif. Selama ini kami mengandalkan Lava Tour sebagai pemandu wisata. Apabila masyarakat sekitar turut serta akan membantu menambah pendapatan warga”, ujar Asep, Senin (23/2/2015).

Pengembangan dengan cara pemberian plang nama pada setiap pohon bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pengunjung. Asep mengharapkan pengunjung tidak hanya mendapatkan udara segar saja. Akan tetapi pengunjung juga bisa menambah pengetahuannya tentang pentingnya menjaga ekosistem alam.

Taman Wisata Tlogo Putri yang berkawasan di lereng Gunung Merapi mulai ada kemajuan setelah ada revolusi untuk mengembangkan kawasan wisata menjadi kawasan wisata edukasi. Pengunjung dari dalam DIY maupun luar DIY mulai gemar berkunjung ke Taman Wisata Tlogo Putri karena lingkungannya yang nyaman dan sejuk. Beberapa fasilitas mulai dibenahi untuk mendukung pengunjung lebih kerasan terutama pengembangan informasi. (gr)

Foto Ilustrasi (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR