Foto: Poster Lebaran Betawi. (ist)

Gapuranews.com – Jakarta, Lebaran Syawal biasa dilakukan sepekan setelah Idul Fitri atau paling lambat masih dalam bulan Syawal. Hal tersebut biasa dilakukan di beberapa daerah Jawa dan menjadi kegiatan rutin. Namun Jakarta jg mempunyai lebarannya sendiri yg bertemakan Ukhuwah Batawiyah Kita Rajut Kembali Tali Persaudaraan.

Istilah di Jawa, kegiatan tersebut biasa disebut sebagai Grebeg Syawal. Berbagai kegiatan semarak dilakukan oleh masyarakat sekitar.Tak hanya Jawa, saat ini DKI Jakarta juga akan menggelar Lebaran Betawi yang akan digelar di perkampungan Betawi di Setu Babakan Jakarta. Lebaran Betawi merupakan salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta dengan nuansa Betawi setelah Idul Fitri.

Kegiatan ini akan berlangsung pada Jumat, Sabtu, dan Minggu, 28-30 Juli 2017 mulai pukul 06.00-22.00 WIB. Lebaran Betawi 2017 kali memiliki 18 kegiatan acara yang akan diisi berbagai hiburan, lomba, dan kesenian budaya Betawi diantaranya mulai dari gambang kromong, lenong Betawi, silat Betawi, gambus, rebana biang, keroncong, samrah, berbalas pantun, sohibul hikayat, arsitektur, prosesi hantaran, prosesi hantaran, qosidah, marawis, kuliner khas Betawi, fesyen, bazar, dan mewarnai gambar.

Untuk menunjang kegiatan inu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui TransJakarta menyediakan bus TransJakarta gratis yang melayani rute Stasiun Pancasila-Jalan Moh. Kahfi II-Setu Babakan-Srengseng Sawah Raya-Jalan Lenteng Agung Raya Barat. Terdapat 10 kendaraan dengan waktu pelayanan pada pukul 06.00-18.00 WIB. (Rayza nirwan/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR