Foto: Kuliner di Yogyakarta. (ist)

JAKARTA – Yogyakarta selain punya destinasi wisata yang menarik, juga memiliki destinasi favorit Wisatawan mancanegara datang berwisata ke Indonesia. Untuk itu berbagai cara dilakukan oleh daerah mempromosikan pariwisata dibidang kuliner. Salah satunya Yogyakarta, Jawa Tengah melalui aplikasi digital atau website kuliner jajanjogja.com mempromosikan kuliner khasnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti didampingi Kepala Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Asdep Bisnis dan Pemerintah Kemenpar Eddy Susilo mengatakan, promosi melalui digital secara kreatif ini merupakan satu upaya memperkenalkan kuliner unggulan daerah mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima agar dapat menjadi ikon wisata di daerah, khususnya pariwisata di Yogyakarta.

“Ini yang dimaksud dengan kreatifitas. Kota yang kreatif harus banyak melakukan inovasi. Ini anak muda yang melihat potensi kuliner, jajanjogja.com mengangkat jajanan pasar nusantara yang didorong agar terkenal hingga ke masyarakat Yogyakarta, daerah lain, serta wisatawan mancanegara melalui digital, harus dikembangkan dan dilakukan lagi oleh Kota Kreatif lainnya,” kata Esthy.

Eddy menyampaikan sektor pariwisata merupakan industri yang paling efisien dalam menggerakkan ekonomi masyarakat dan menyumbang 9,6 persen atas produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2015 atau berkontribusi 82,4 miliar dolar AS.

Di sisi lain, pada 2013 sektor kuliner mampu memberikan kontribusi nilai tambah bruto yakni sebesar Rp 208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 4,5 persen dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 3,7 juta orang dengan pertumbuhan rata-rata 0,26 persen.

Eddy juga menambahkan, masyarakat di zaman millenial ini sudah tidak mau repot untuk berburu kuliner. Semuanya bisa dicari dengan mudah, kuliner apa yang khas? berada dimana? Bukanya jam berapa? Semua tinggal masuk ke suatu aplikasi dan langsung didapat. (Rayza Nirwan/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR