MEDAN – Komunitas Motor Black mampir dalam acara Ronggeng Pakpong Medan. Mereka berasal dari Surabaya, Jambi, Malang dan Sumatera Utara dalam ronggeng yang digelar Jumat (13/9/2018).

Malam itu ronggeng pakpong medan pun meriah. Mengalir dengan ritme ritme tenang namun penuh semangat. Sementara di kursi penonton, di Open Stage Taman Budaya Sumut itu, terlihat penyair, Yudhistira ANM Masardi. Beliau sudah beberapa hari ini di Medan.

Yudis pun mengaku terhenyak menyaksikan Ronggeng Pakpong Medan. Dia mengatakan tobtonan seperti ini harus terus digiatkan. “Iya iya aku beruntung bisa menyaksikan ronggeng. Rugi aku kalok sempat gak nonton,” ujarnya.

Di pentas seperti biasa ada, Syahrial, Amir Nasution dan Munir yang sepanjang pertunjukan terus nyerocos dengan pantun-pantunnya. Kocak, segar namun bermuatan kecerdesan itulah ronggeng yang direvitalisasi oleh seniman Medan semisal Sukarnoto atau Retno yang kini berdiam di Jakrta.

Seperti biasa juga ada bandrek dan kudapan ringan seperti roti. Suasana pun hidup dan kita sepwrti dimanjakan dengan kehidupan ala Melayu Deli yang penuh sundiran namun sekaligus jekeluargaan.

Tak terasa pukul 22. 00 Wib sudah. Amir Arsyad pentolan acara ini, menutup dengan pantun penutup dan lagu penutup. Jaya Arjuna yang nyaris tak pernah absen, tak henti hentinya siaran langsung di facebook.

Jaya sibuk memperlihatkan siapa yang tengah menonton siaran langsungnya. Gapura pyn diminta untuk melihat. Ternyata salah seorang yang menontong siaran langsung itu adalah Rizaldi Siagian sang penggagas revitalisasi Ronggeng Medan. (aba/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR