Kini Melancong Bisa Dengan Kapal PELNI

oleh -774 views

KEMENTERIAN Pariwisata gandeng PT Pelni kerjasama dalam moda transportasi  meloncong ke berbagai daerah di Indonesia. Hal itu sebagai komitmen menggerakkan wisata di sektor bahari. Kerjasama itu direalisasikan pada Penandatanganan Nota Kesepahaman, oleh Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara dan Direktur Utama PT Pelni, Elfien Goentoro serta disaksikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang berlangsung di Kapal Motor (KM) Kelud yang tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat (31/7).

ukus vs plni
Direktur PT Pelni, Elfien Guntoro dan Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara tantangani Nota Kesepahaman wisata bahari disaksikan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Kapal Motor (KM) Kelud yang tengah bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. (ist)

“Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia didasarkan pada potensi laut Indonesia. Wisata bahari memiliki porsi 35% dari jenis wisata yang akan dikembangkan pada 2015 sampai 2019. Fokus pengembangan wisata bahari yakni pada destinasi pantai, selam dan selancar (surfing), yacht, cruise, serta kegiatan terkait laut dan masyarakat pesisir,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya saat menyaksikan Penandatanganan MoU.

Menpar mengatakan, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara meningkat dalam lima tahun terakhir. Target 2014 yakni 1 juta orang, naik menjadi 1,3 juta pada 2015, 1,8 juta pada 2016, kemudian 2,3 juta pada 2017, dan 3 juta pada 2018, serta mencapai 4 juta orang pada 2019. Wisata bahari juga ditargetkan mampu menyumbangkan devisa hingga 4 miliar dolar AS pada 2019. Sementara untuk target tahun ini mencapai 1 miliar dolar AS.

Kerjasama dalam MoU tersebut meliputi; penyediaan kapal, fasilitas dan alat angkut lainnya; promosi produk dan destinasi pariwisata; pengembangan sumber daya manusia; penyediaan data dan infomasi; serta promosi branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.

Kerjasama kemitraan dengan PT Pelni (Persero) mempunyai nilai strategis untuk mempercepat pengembangan pariwisata, terutama wisata bahari sebagai salah satu produk unggulan pariwisata Indonesia yang memiliki daya saing global. Untuk mempercepat pengembangan destinasi wisata bahari dibutuhkan tiga unsur atau 3A yaitu: atraksi, akomodasi, dan aksesilibitas.

“Atraksi berupa festival dan kesenian telah banyak dilakukan oleh Pemda dan masyarakat setempat dengan didukung oleh Kementerian Pariwisata. Sebagai contoh, Pemda Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara setiap tahun menyelenggarakan festival dan lomba foto bawah laut tingkat internasional dalam upaya menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus). Event tahunan ini menjadi salah satu atraksi menarik yang membuat Kepulauan Wakatobi terkenal ke mancanegara sebagai lokasi diving kelas dunia dengan keindahan taman lautnya,” tegas Arief.

Sementara itu Direktur PT Pelni, Elfien Guntoro menjelaskan, bahwa sebagai realisasi konkrit dari MoU ini, PT Pelni telah meluncurkan produk unggulannya ‘7 Destinasi Wisata Bahari PT PELNI 2015’ yang mengajak wisatawan menikmati obyek wisata bahari unggulan di Indonesia. Produk Pelni telah mendukung dua unsur yakni aksesibilitas dan akomodasi dengan menyediakan hotel terapung (floating hotel).

Produk tersebut meliputi perjalanan wisata untuk menikmati spot-spot diving dan snorkelingterbaik di Indonesia, pulau-pulau eksotik yang sulit dijangkau, pemandangan alam yang menakjubkan, serta menginap di floating hotel kapal Pelni yang terbagi dalam 7 trip atau perjalanan. Trip 1 Labuan Bajo, Takabonarate, Wakatobi yang memiliki obyek unggulan wisata bawah air; trip 2 Bunaken, Togian / Tomini yang memiliki air laut yang jernih dengan keanekaragaman ikan dan terumbu karang ; trip 3 Bunaken, Morotai, Raja Ampat dengan obyek wisata unggulan diving dan snorkeling.

Trip 4 Banda Naira memiliki obyek wisata jaman kolonial dengan peninggalan bentengyang terkenal; trip 5 Derawan terkenal oleh wisatawan dengan sunset ataupun sunriseyang menawan; trip 6 Karimun Jawa dikenal dengan keindahan pantainya dan menarik untuk aktifitas memancing; trip 7 Anambas dikenal pantainya yang indah dan bersih. Anambas juga dikenal sebagai habitat ikan Napoleon yang mulai punah. (gr)