beasiswa seni dan budaya indonesia

Untuk memperluas persahabatan Indonesia di luar ngeri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membuka program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) 2015. Kegiatan digelar di Kemlu, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Program ini melibatkan 70 peserta dari 40 negara, termasuk enam orang asal Indonesia.

“Tujuan program ini untuk memperluas persahabatan Indonesia di luar negeri, terutama di kalangan generasi muda,” ucap Menlu Retno.

Usia peserta program BSBI 2015 berkisar dari 18 hingga 30 tahun. Para peserta dari luar negeri ini akan mempelajari beragam seni dan kebudayaan di Indonesia, seperti seni tari dan musik tradisional.

Setelah tiga bulan berjalan, program ini akan diakhiri dengan sebuah pertunjukkan kolosal di Bandung, Jawa Barat, pada 15 Juni mendatang.

“Program ini sangat bermanfaat. Para peserta ini, setelah kembali ke negara masing-masing, akan aktif mempromosikan tentang Indonesia,” tutur Menlu Retno.

“Sangat banyak alumni BSBI yang tidak mau pulang. Mereka mencari program lain agar bisa mempelajari lebih jauh mengenai Indonesia,” katanya.

Sejak 2003, Kemlu selalu mengevaluasi program BSBI ini. Tidak hanya untuk kepentingan diplomasi, tapi juga diharapkan bermanfaat langsung bagi masyarakat Indonesia. (gr)

Ilustrasi foto:  Peserta Pembukaan Beasiswa Seni Budaya Indonesia 2014  (kemlu.go.id)

 

TINGGALKAN KOMENTAR