Sejumlah lukisan karya pelukis ternama Indonesia mulai dipamerkan di Galeri National Portrait Gallery di Canberra, Australia, di bawah judul Masters of Modern Indonesian Portraiture, Kamis (25/9/2014).

Karya-karya lukisan kontemporer seniman Indonesia dipajang berdampingan dengan karya-karya pelukis besar paling penting di abad 20. Lukisan “Menguliti Petal” karya Hendra Gunawan, 1957. “Kami ingin menyuguhkan perubahan seni lukis potret yang terjadi di Indonesia,” kata kurator pameran Asikin Hasan.

“Kami berharap pameran ini bisa dikunjungi banyak orang,” katanya. Pameran ini menandai kian menguatnya hubungan antara galeri di Canberra tersebut dengan Galeri Nasional Indonesia. Lukisan “Anak” karya Nashar, 1964

Para kurator dan seniman Indonesia datang ke Australia untuk berkolaborasi mewujudkan pameran ini, dan direncanakan akan ada pertukaran kunjungan di masa depan.

“Kami belajar banyak dalam pameran ini, misalnya teknik-teknik baru bagaimana menampilkan lukisan dalam pameran, itu sangat bermanfaat,” katanya kepada ABC.

“Kami berharap kerjasama ini bisa berkelanjutan sehingga kami bisa menyuguhkan lebih banyak lagi karya-karya seniman Indonesia di Australia,” tambahnya.

Pameran akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang. (rel/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR