Ilustrasi foto Kampung Al Munawar kawasan 13 Ulu Palembang, Sumatera Selatan (ist)

KOTA Palembang tidak hanya punya Sungai Musi, tapi juga mempunyai ‘kampung Arab’ atau yang lebih akrab dengan sembutan  Kampung Al Munawar kawasan 13 Ulu Palembang, Sumatera Selatan. Sebab disana terdapat bangunan yang mempunyai nilai sejarah dan akan disunlap menjadi tempat wisata religi, karena di areal tersebut bernuansa Islami dengan budaya tersendiri.

Ilustrasi foto Kampung Al Munawar kawasan 13 Ulu Palembang, Sumatera Selatan (ist)
Ilustrasi foto Kampung Al Munawar kawasan 13 Ulu Palembang, Sumatera Selatan (ist)

“Dijadikannya kampung itu sebagai wisata religi sebagai upaya dalam mendukung wisata Sungai Musi yang telah dikenal wisatawan mancanegara,” kata pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camalyn Sinaga di Palembang, Senin (1/2/2016).

“Hal ini wisata bahari juga harus didukung dengan tempat menarik lainnya seperti Kampung Al Munawar itu,” katanya.

Lokasi Al- Munawar, ujar dia, juga sering disebut Kampung Arab yang berarti Palembang banyak terdapat berbagai macam penduduk yang selalu kompak.  Menurutnya, kampung tersebut mayoritas rumahnya di atas 100 tahun yang posisinya dekat dengan sungai Musi Palembang.

Sehubungan itu pihaknya menjadikan kampung tersebut menjadi wisata religi untuk mendukung program sungai Musi Palembang, ujarnya. Jadi kampung Al-Munawar menjadi proyek wisata pihaknya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu, kata dia.

Sehubungan itu pihaknya terus membersihkan sekitar kampung tersebut supaya semakin menarik. Bukan itu saja, kata dia, pihaknya juga membersihkan sungai Musi sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dia mengatakan, yang jelas kampung Al-Munawar akan dijadikan objek wisata tersendiri dan tempat religi. Sementara saat pembersihan lalu Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya kampung Al-Munawar menjadi wisata religi.

Sehubungan itu pihaknya akan melakukan penyuluhan tentang pola hidup sehat sehingga kampung tersebut semakin sehat. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR