[dropcap color=”#888″ type=”square”]D[/dropcap]inas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta akan menggelar kegiatan Lebaran Betawi di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu-Minggu (13-14/9/2014).

Ketua Panitia Lebaran Betawi 2014, Rachmat HS mengatakan bahwa sebelumnya pagelaran Lebaran Betawi diselenggarakan di lima wilayah. Biasanya event itu digelar bergantian seperti di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

“Lebaran betawi ke-tujuh ini dipusatkan disilang Monas, karena ini merupakan simbol Jakarta. Dimana tempatnya juga bisa menampung masyarakat cukup luas,” kata Rachmat di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (11/9).

 Rachmat H.S. menuturkan pihaknya telah melakukan sosialisasi mengenai acara tersebut dengan berbagai cara, diantaranya memasang spanduk dan menyebar undangan secara luas.

“Setiap tahun, kegiatan ini digelar di wilayah yang berbeda-beda. Tahun ini kebagian di wilayah Jakarta Pusat, yaitu di Monas. Berikutnya, kami akan gilir lagi wilayah-wilayah DKI yang lainnya,” tutur Rachmat.

Dia mengungkapkan kegiatan tersebut akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni khas Betawi, di antaranya gambang kromong, tanjidor, ondel-ondel, dan grup musik Betawi.

Selain itu, untuk festival kuliner Betawi akan dimeriahkan dengan workshop, demo dan lomba memasak, atraksi juggler serta bazar kuliner yang diikuti oleh sekitar 40 stand kuliner hasil binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta.

“Kami optimistis acara ini akan menarik perhatian warga masyarakat maupun wisatawan. Kami pun menargetkan 10.000 pengunjung akan hadir selama 2 hari penyelenggaraan acara tersebut,” ujar Rachmat. (gr)

foto: ist

TINGGALKAN KOMENTAR