Indonesia Raih 'Best Performance Award'
Indonesia Raih ‘Best Performance Award’ (ist)

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) berhasil meraih ‘Best Performance Award’ pada acara World Unite Festival 2015 di Leeds University dan Global Week 2015 di York University.

Pensosbud KBRI London, Heni Hamidah, pada Selasa (24/2/2015) mengatakan, festival budaya selama sepekan itu bertujuan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebudayaan sebagai sarana pemersatu bangsa di dunia.

Acara yang diikuti oleh 12 komunitas pelajar Internasional dari berbagai negara di University of Leeds tersebut, terdiri dari pameran, workshop, bazaar kuliner masing-masing negara, pemutaran film, pelatihan alat musik tradisional, dan Cultural Showcase.

Indonesia menampilkan drama musikal yang dikemas dengan penampilan tari Sajojo, Enggang, Ngapote, Salama dan tari Saman serta pertunjukan musik angklung yang disajikan secara medley dengan latar keindahan daerah-daerah tujuan pariwisata Indonesia.

Penampilan Indonesia memukau penonton dan mendapat penghargaan sebagai ‘Best Performance Award’ yang merupakan penghargaan ketiga yang diraih PPI Leeds secara berturut-turut pada tiga tahun terakhir.

Kesuksesan PPI Leeds diikuti PPI York pada Acara Global Week 2015 yang digelar International Student Association University of York dengan melibatkan komunitas pelajar internasional dari 14 negara di University of York.

Indonesia menampilkan tari Saman pada pembukaan acara tersebut, dan berdasarkan voting, untuk pertama kalinya Indonesia meraih gelar sebagai penampil terbaik peringkat ketiga setelah Jepang dan Amerika Latin pada peringkat satu dan dua.

Keikutsertaan Indonesia pada rangkaian kegiatan Global Week 2015, selain tampil pada acara Cultural Performance, juga berpartisipasi pada acara Food Fiesta untuk mempromosikan kuliner Indonesia bersama dengan komunitas internasional lainnya.

Kedua acara budaya tersebut dihadiri Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia. Partisipasi PPI Leeds dan PPI York pada masing-masing acara didukung penuh KBRI dan masyarakat Indonesia setempat. (ant/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR