Ilustrasi foto: Indonesia Comic Con (ist)

INDONESIA Comic Con (ICC) digelar untuk pertama kalinya di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan, Sabtu (14/11/2015) hingga Minggu (15/11/2015).

Ilustrasi foto: Indonesia Comic Con (ist)
Ilustrasi foto: Indonesia Comic Con (ist)

Acara ini ICC menghadirkan 160 eksibitor dari enam negara: Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Italia dan Amerika Serikat. Kesemuanya akan unjuk gigi di ranah komik, mainan, game, musik, film, cosplay, serta hal-hal lainnya terkait budaya populer.

ICC merupakan inisiasi gabungan dari ReedPOP dan Reed Panorama Exhibitions. Sebelum di Indonesia, acara serupa telah rutin digelar di New York, Australia, India, Paris dan Vienna.

General Manager Reed Exhibiton James Boey yakin ICC akan jadi perayaan budaya populer terbaik di Indonesia. Sebab, ICC tak hanya mengakomodir budaya populer asal Timur, namun juga memadukannya dengan budaya Barat.

“Aneka pertunjukan, persembahan-persembahan unik dari eksebitor, serta ikon-ikon budaya populer bakal menyediakan akhir pekan yang penuh kesan,” kata dia pada acara pembukaan ICC.

160 eksibitor dari 6 negara termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Jepang, Italia, dan Amerika Serikat akan memenuhi ICC akhir minggu ini. Raksasa-raksasa Industri budaya populer baik dari dalam dan luar negeri seperti Sanrio, Piero, Re:On, Glitch, Funko, dan Royal Selangor menambah kemeriahan pameran ICC. Lebih dari 80 produk baru dan eksklusif, akan diperkenalkan pada saat acara berlangsung, mulai dari brand seperti Funko Pop melalui koleksi Vinyl seri Star Wars terbarunya seperti Darth Vader, Storm Trooper dan Yoda, Produk miniatur tanah liat dari seniman lokal Bloembot, proyek terbaru dari Caravan Studios, Glitch Network, dan masih banyak lagi.

Para penggemar juga berkesempatan untuk menyaksikan lahirnya lukisan berefek Chroma Depth 3D berukuran 130x200cm, oleh Mochtar Sarman, Country Director, Retail, and Licensing untuk Disney Indonesia eksklusif hanya di Indonesia Comic Con 2015. Tiap lukisan bisa dibeli dan dapatkan secara langsung bingkai kustom serta kacamata Chroma Depth 3D. 10% dari hasil penjualan akan disumbangkan untuk amal.

Penulis best seller New York Times David Mack akan hadir bersama seniman dalam negeri favoritmu untuk berbagi mengenai karya mereka dan bagaimana hidup sebagai seorang seniman. Simone Legno, Touma, Dokutoku460 dan GGNW akan hadir untuk menceritakan bagaimana pengalaman bekerjasama dengan brand ternama dunia. Bagi yang tertarik dengan bagaimana produser musik Vocaloid memulai karirnya, sasakure.UK dan REDSHiFT akan hadir untuk menceritakan kisah mereka.

Tak lupa, untuk pertama kalinya pula, akan digelar “Championships of Cosplay” dalam rangkaian acara ICC. Akan ada ikon cosplay dalam negeri Pinky Lu Xun dan Oktavianus Rizky yang bertindak sebagai juri.

Para pemenang nantinya akan mewakili Indonesia ke kompetisi “Crown Championship of Cosplay di ajang Chicago Comic & Entertainment Expo (C2E2) 2016 di Chicago, AS.

Bagi kamu yang belum berkunjung, tiket ICC masih bisa dibeli secara online ataupun langsung bertandang ke Hall B JCC. Satu tiket dihargai Rp 90.000. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR