Foto: Goa Sriti Jombang. (ist)

JOMBANG – Goa Sriti menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik minat wisatawan untuk datang ke Jombang, Jawa Timur. Tempat sangat indah dan bisa memberikan suasana yang menghibur. Harga tiket masuk ke Wisata Goa Sriti Jombang, terbilang sangat murah, tetapi jangan salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Wisata Goa Sriti Jombang cukup luar biasa.

Goa Sriti yang ada di Dusun Sidolegi, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang Jawa Timur. Goa tersebut berada di lembah Pegunungan Anjasmoro. Untuk mencapai lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari lokasi parkir kendaraan. Dalam perjalanan menuju goa, wisatawan bisa menikmati keindahan alam khas pegunungan. Bahkan bisa melihat aliran sungai jernih dari jalan tersebut.

“Ini murni warga sekitar yang memiliki inisiatif untuk mengelolanya. Kami yang membuat jalan setapak menuju lokasi goa. Kemudian kami juga bangun tempat-tempat swafoto (selfie) untuk pengunjung di pohon. Ada tempat duduk untuk santai menikmati suasana pegunungan,” kata Dadang Hariyanto, salah satu pemandu wisatawan yang juga warga setempat, Jumat (14/7/2017).

Menurut Dadang, goa yang cukup besar ini memiliki ruang-ruang dalam yang jarang terjamah warga. Penamaan Goa Sriti sendiri karena banyak terdapat sarang burung sriti di dalam goa.

“Selain itu, ada dua ruang khusus untuk semedi di dalam goa ini. Itu ada bekas pembakaran dupa dan kemenyan,” tuturnya.

Area spot foto yang masih sangat sederhana dan dibuat oleh warga setempat.
Untuk wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Goa Sriti, menurut Danang saat ini tidak dipungut biaya. Hanya saja, pengunjung harus membayar jasa parkir Rp 5000 untuk tiap kendaraan.

“Kalau kedepannya semakin banyak pengunjung, kami khawatir akan diambil alih pemerintah. Padahal ini murni hasil karya dan inisiatif warga tanpa dukungan pemerintah,” kata Dadang.

Bagi peminat pesona alami, maka Goa Sriti Jombang merupakan tempat wisata yang tempat kunjungi. Penduduk lokal daerah wonosalam , juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal, maupun dari luar kota bahkan wisatawan dari luar negeri.

Kota jombang juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satu contohnya Wisata Goa Sriti Jombang ini. Goa Sriti merupakan salah satu kekayaan wisata alam yang berada di Kabupaten Jombang.

Goa Sriti terletak di Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawatimur. Untuk mencapai Goa tersebut, para pengunjung harus melalui jalan setapak yang sangat panjang berliku, tetapi goa sriti relatif mudah karena pengunjung harus berjalan kebawah dengan jalan yang dilalui tidak begitu panjang.

Disepanjang perjalanan menuju Goa Sriti, pengunjung dapat menikmati suasana pemandangan kawasan hutan yang hijau alami dan sesekali melewati pematang sawah penduduk yang banyak ditumbuhi pohon jati maupun pisang. Goa Sriti lebih cekung kedalam dan di dinding atasnya mengalir air yang gemericik dan mempesona pesona goa inilah yang menarik para wisatawan untuk mengunjungginya. (elo/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR