Seniman tiga negara, Jepang, Korea dan Indonesia 30 September sampai 2 Oktober di Sleman, Yogyakarta. Festival tersebut bernama Asia Tri Jogja 2014. Festival tari tahunan ini sudah berlangsung selama 9 tahun atau sejak 2005. Sebanyak lebih kurang 24 komunitas seniman dari berbagai negara dan Indonesia akan tampil.

Seniman luar negeri yang hadir diantaranya dari Indonesia, Jepang dan Korea, ada pula seniman dari Malaysia, Spanyol, Canada, Amerika Serikat, Ukraina, Polandia dan Meksiko.

Festival Asia Tri adalah sebuah festival seni pertunjukan keliling yang diprakasai oleh seniman-seniman tiga negara, yakni Yang Hye Jin dari Korea, Soga Masaru dari Jepang, dan Bimo Wiwohatmo dan Bambang Paningron dari Yogyakarya.

Bambang Paningron, sebagai salah satu pemrakasa Asia Tri Jogja mengatakan, event ini tidak hanya sekedar festival kesenian yang menyuguhkan pentas seni semata.

“Yang utama dari event ini adalah sebagai forum pertemuan bagi para seniman dan pada akhirnya mampu membangun networking,” ungkap Bambang saat acara jumpa pers, Jumat (26/9).

Festival ini pertama kali diselenggarakan di Soul Korea pada 2005. Pada tahun 2014 ini merupakan tahun ke-9 penyelenggraannya. Sekalipun diprakasai oleh tiga negara, namun pada dasarnya festival ini sangat terbuka bagi seniman-seniman dari negara manapun.

“Untuk tahun ini Asia Tri akan dihadiri seniman-seniman dari Jepang, Kanada, Spanyol, Malaysia, Ukraina, dan seniman Indonesia yang berasal dari Jakarta, Cirebon, Lampung, Solo, dan Yogyakarta,” ungkap Bambang.

Untuk tahun ini, Asia Tri Jogja mengambil tema Berbagi Pengalaman Budaya. Dengan tema tersebut diharapkan festival ini mampu menumbuhkan rasa solidaritas di kalangan seniman dan merupakan media silaturahmi budaya antar bangsa yang pada akhirnya akan menumbuhkan saling pengertian antar budaya yang berbeda.

“Dalam festival tersebut nantinya akan menampilkan seni kontemporer musik, tari, dan performance art. Selain itu juga akan ikut tampil seni tradisi seperti jathilan,” kata Bambang. (asg/gr)

 

Ilustrasi: Peserta Asia Tri Jogja 2013 (ist)

TINGGALKAN KOMENTAR