FESTIVAL Petualang Nusantara (FPN) kembali diseleggarakan di Pantai Guci Batu Kapal, Kalianda dan di Anak Gunung Krakatau, Provinsi Lampung. Acara yang digelar pada 15-17 Agustus 2015 itu, mengambil tajuk Satukan Tekad, Jaga Lestari Alam Nusantara yang sejalan dengan tujuan kegiatan sebagai ruang berbagi para petualang untuk berkomitmen menjaga kelestarian alam Indonesia.

Puncak acara FPN adalah Upacara Hari Kemerdekaan RI yang ke-70 pada 17 Agustus 2015 di Pantai Guci Batu Kapal, Kalianda, serta pengibaran 70 bendera merah putih di Anak Krakatau. Ini kali pertama FPN dilaksanakan di tepi pantai, di mana sebelumnya selalu diselenggarakan di gunung.

festival petualang nusantara
Nantinya peserta akan berkumpul dan berkemah di area pantai untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang sudah disiapkan panitia. Bentuk kegiatannya beragam, di antaranya berkemah, mendaki Gunung Rajabasa, lomba fotografi alam liar, fun orienteering di kawasan pantai, fun cycling di tepi pantai, memancing, dan snorkling. Festival Petualang Nusantara 2015 didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata RI, BKSDA Lampung, dan Pemda Lampung.

FPN tahun ini juga dilengkapi bazaar alat-alat outdoor, kampung komunitas, serta Festival Aksi Muda Nusantara yang memberikan beragam hiburan serta informasi, seperti talkshow dari berbagai inspirator perubahan di Indonesia.

Selain itu, FPN juga memberikan edukasi kepada peserta melalui workshop ringan dan mendidik. Akan ada tree climbing oleh Tree Climbing Organization, pengetahuan ular oleh Yayasan Sioux Indonesia, jurnalistik petualang dan fotografi alam liar oleh Don Hasman, workshop solar panel, dokumentasi alam liar oleh Dody Djohanjaya, dan travel writing workshop oleh Teguh Sudarisman.

Sebagai bentuk kepedulian FPN kepada masyarakat kawasan wisata Pantai Guci, Kalianda, peserta FPN akan memberikan dukungan aktivitas sosial berupa penanaman pohon, sumbangan buku dan alat permainan anak, sapu bersih sampah, dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar.

Untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut, peserta perlu mendaftar dengan biaya Rp175.000. Harga itu sudah termasuk kartu identitas, kaos edisi FPN 2015, stiker Festival Petualang Nusantara, tapak kemah, dan masih banyak lagi. Biaya belum termasuk tenda, makan selama kegiatan, dan transportasi peserta menuju lokasi.

Festival Petualang Nusantara merupakan kegiatan nonprofit tahunan untuk petualang Indonesia maupun mancanegara. FPN pertama kalinya digelar 2010 di Kaliadem, Lereng Merapi. Di tahun kedua FPN diselenggarakan di Coban Rondo, Batu Malang, dan terakhir FPN diselenggarakan di Baturaden Jawa Tengah pada 2013. (gr)

TINGGALKAN KOMENTAR