Foto: Dasar laut Pahawang . (ist)

Pahawang dikenal dengan keindahan bawah laut, yang memiliki berbagai spesies terumbu karang dan beragam jenis ikan

PESAWARAN – Untuk kali pertama akan digelar Festival Pahawang. Tujuan kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat bahwa Indonesia mempunyai pulau dengan potensi wisata alam bawah laut yang luar biasa.

Kegiatan ini akan digelar pada Jumat – Minguu ( 25-27/2016) dapat dijadikan sebagai tolok ukur dalam menggaet pariwisata ke daerah pesisir Kabupaten Pesawaran.

“Kita sengaja ajak bloger dan wartawan untuk berpartisipasi dalam lomba karya tulis dan foto. Tentunya hasil dari karya mereka membantu kita dalam mempromosikan wisata Pesawaran,” kata Kepala Dinas Pariwisata Jaka Sungkawa saat dihubungi, Kamis (24/11/2016).

Untuk efektif atau tidaknya peran Festival Pahawang dalam meningkatkan wisatawan, lanjut Jaka, pihaknya belum bisa memastikan. Karena, hal itu baru pertama kali digelar. “Kita usaha dahulu, nanti akan terlihat kelemahan kita dan itu akan kita benahi. Guna mengangkat perekonomian dan kearifan lokal di daerah wisata,” kata dia.

Pahawang memang dikenal dengan keindahan bawah laut, yang memiliki berbagai spesies terumbu karang dan beragam jenis ikan. Daratan pulau tersebut juga indah dengan hamparan pasir putih.

Tak mengherankan jika sebelumnya, pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2016 yang digelar Kementerian Pariwisata, Pulau Pahawang sempat masuk nominasi kategori Surga Tersembunyi Terpopuler atau Most Popular Hidden Paradise. (***/gr)

TINGGALKAN KOMENTAR