Festival Kesenian Yogyakarta 2014 (FKY) pada 3-9 September dengan biaya Rp1 miliar digelar Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. FKY 2014  dilaksanakan selama seminggu, digelar di Bekas Terminal Wonosari.

“Tahun ini, akan menampilkan berbagai kesenian dari Gunung Kidul. Juga digelar pameran obyek wisata yang ada di Gunung Kidul,” papar Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunung Kidul Ristu Raharja di Gunung Kidul, Rabu (3/9/2014).

FKY Gunung Kidul akan menampilkan kesenian yang memiliki penonton banyak, memiliki nilai jual dan salah satunya sering dilaksanakan oleh masyarakat. “Kesenian setiap kecamatan diberikan kesempatan untuk tampil,” katanya.

Menurut dia, kegiatan ini akan digunakan untuk melestarikan kesenian masyarakat dan ajang ekspresi para seniman lokal. “Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu jembatan agar kesenian daerah kita lebih dikenal dan lestari,” katanya.

Sekretaris Daerah (Setda) Gunung Kidul Budi Martono mengatakan festival tahunan ini akan digunakan pemkab mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan lebih besar. “Nanti setelah FKY, akan dievaluasi dan kami berencana untuk menyelenggaran agenda besar tingkat nasional, bahkan kalau bisa internasional,” kata Budi.

Festival sejenis perlu dikembangkan untuk mendukung potensi kepariwisataan yang saat ini sedang gencar-gencarnya digalakkan oleh pemkab. Selain itu juga memperkenalkan potensi di masing-masing kecamatan. “Nantinya bisa menjadi penunjang pariwisata daerah kita yang saat ini mulai berkembang,” katanya.  (ist/gardo)

TINGGALKAN KOMENTAR